Pasca Lebaran, Ratusan Orang Serbu Dispendukcapil Bangkalan

188
Antrean Dihalaman Kantor Dispendukcapil Bangkalan

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com) – Ditengah pandemi virus Corona atau Covid-19 permohonan perekaman KTP Elektronik (E-KTP) di Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur membludak, Selasa (2/6/2020).

Halaman kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bangkalan dipadati ratusan pemohon yang antre untuk melakukan perekaman E-KTP.

Pantauan dilapangan antrean panjang perekaman E-KTP itu terjadi hingga larut malam. Adzan maghrib berkumandang antrean tetap berlangsung.

Kasi Identitas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) Kabupaten Bangkalan, Agus Suharyono menjelaskan, masyarakat yang melakukan perekaman E-KTP mencapai 400 orang. Didominasi oleh orang tua yang selama ini tidak memiliki kartu identitas.

“Mayoritas orang tua, yang akan menerima bantuan dari pemerintah akibat virus corona,” jelas Agus saat dikonfirmasi.

Baca Juga  Pelanggar 'Prokes' di Jombang Diberi Hukuman Push Up 
Loading...

“Pemohon baru usia remaja juga banyak, tapi lebih banyak yang orang tua,” imbuhnya.

Agus mengatakan, membludaknya perekaman E-KTP pasca lebaran hari raya Idul fitri 1441 H itu berasal dari berbagai kecamatan yang alat perekamnya sudah rusak.

Ada 7 Kecamatan di Kabupaten Bangkalan yang tidak memiliki alat perekam sendiri. Diantaranya; Kecamatan Bangkalan, Kamal, Kokop, Konang, Sepulu, Kodung, Galis.

“Mereka berasal dari daerah yang alat perekam di kecamatannya sudah rusak,” kata dia.

“pelayanan sudah kembali seperti semula buka jam 7 tutup jam 4 sore,” tambah Agus.

Agus mengungkapkan, meski membludak, pihaknya tetap memberikan himbauan kepada pemohon E-KTP untuk mematuhi protokol kesehatan seperti pakai masker dan jaga jarak.

Baca Juga  Terjaring Operasi Yustisi, Pria di Blitar Kena Denda Bayar Rp. 2 Ribu Saja

“Tetap kita himbau, malah tadi ada dari petugas kepolisian juga datang memberikan himbauan mematuhi protokol kesehatan,” ujarnya. (*)

Reporter: Rusdi

Loading...

Tinggalkan Balasan