Paripurna Lanjutan, Terkait LPJ APBD 2021 Kabupaten Bojonegoro

102

Bojonegoro, (kabarjawatimur.com) – Melanjutkan rapat paripurna kemarin (jumat, 8/7/2022) terkait penyampaian pendapat ahir Fraksi-fraksi terhadap LPJ APBD 2021, DPRD Bojonegoro menggelar rapat paripurna pada hari Rabu (13/07/2022) di ruang Paripurna gedung DPRD Kabupaten Bojonegoro.

Rapat Paripurna dihadiri oleh, segenap Pimpinan dan Anggota DPRD Bojonegoro, Bupati bojonegoro, Forkopimda, Sekretarus Daerah dan jajaran Eksekutif, Sekretaris DPRD dan jajaranya, Polres, Kodim, serta tamu undangan.

Rapat Penyampaian pendapat ahir Fraksi DPRD Kabupaten Bojonegoro yang dipimpin oleh Ketua DPRD Bojonegoro Abdulloh Umar, dilakukan secara perwakilan yakni dilakukan pembacaan penyampaian pertama dan terahir.

Dalam penyampaian salah satu perwakilan Fraksi bahwa, DPRD Kabupaten Bojonegoro mengapresiasi terhadap LPJ APBD 2021. Perubahan APBD pada hakekatnya merupakan penyesuaian kebijakan seiring dengan perubahan kondisi dan asumsi tahun berjalan baik target APBD maupun pembiayaanya, yang mnjadi kebijakan dari pemerintahan pusatan maupun pemerintahan kabupaten bojonegoro.

“Mengapresiasi terhadap beberapa inovasi produktif telah dilaksanakan sebagai upaya penerimaan PAD semakin maksimal sehingga tercipta kemandirian daerah,” kata salah satu perwakilan dari Fraksi PKB Didik Trisetyo Purnomo.

Dilanjutkanya, bahwa pendapatan daerah yg direncanakan dlm APBD telah disusun berdasarkan perkiraan yang terukur, rasional dan memiliki dasar hukum, diantaranya adalah pamasangan cctv pada obyek pajak sebagai kontrol penerimaan pajak air tanah, dan penyederhanaan sistim secara online serta pengurangan tatap muka utk menanggulangi penyebaran covid, penyisiran potensi pajak dari tingkat desa yg selama ini belum optimal, juga optimalisasi kinerja BUMD.

Baca Juga  Warga Desa Dayukidul Kecamatan Kedungadem Keluhkan Galian C

“Mengawal, memperkuat dan mengawasi menjaga mutu serta deteksi dini terhadap tatakelola menegemen scara efektif efisien mulai dari sisi penganggaran dan lain lain, serta meminimalisir adanya korupsi kolusi nepotisme,” jelasnya.

Loading...

DPRD Bojonegoro juga mengapresiasi pengelolaan bank sampah untuk mengurangi limbah dan pemberdayaan wanita, sehingga di tahun 2022 kelompok bank sampah ikut terlibat, terdapat 170 kelompok bang sampah yang terlibat yg tersebar di 20 kecamatan menperoleh dampak positif.

“Omset mencapai diatas 5 juta dan ada yang menembus angka 20 juta dalam enam bulan terahir,” ungkapnya.

Sementara Bupati Bojonegoro
Anna Mu’awanah dalam sambutan dan tanggapanya menuturkan, Paripurna LPJ ini adalah siklus tahunan setiap anggaran dari perencanaan, pelaksanaan serta proses penetapan APBD, setelah itu di sahkan, maka APBD dilaksanakan sesuai mekanisme yang ada. Yang mempunyai fungsi eksekutor diawasi oleh legislator.

Baca Juga  Bersih-bersih BUMN, Erick Thohir Perjuangkan Kepentingan Masyarakat

“LPJ ini adalah sebagai bentuk dari manifestasi undang2 keuangan negara nomer 17 Tahun 2003 pasal 6 aya 2 butir C,” jelasnya.

Bupati menyampaikan terimakasi kepada DPRD Bojonegoro yang berperan aktif mengawasi secara ketat sehingga Bojonegoro tujuh kali berturut-turut meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP).

Menanggapi dari banggar, terutama mengatasi stunting selalu kami awasi setiap bulannya,

“Juli 3,8 persen, dan ini angka yg sangat rendah ditaraf propinsi 9,21 persen dan indonesia masih 24 persen.” ungkapnya.

Kemudian, lanjut Bupati, zona integritas yang tadinya mau coba 14 OPD, tp dari kementerian kami diminta 3 OPD, yaitu Perizinan, Dukcapil, Bapenda.

Selanjutnya soal mekanisme, Pemkab sangat serius dan senantiasa menjunjung tingggi komitmen dalam menangani mekanisme terkait dana bansos dan dana hibah.

“Kekuatan, pencapaian target tidak lepas dari dukungan Bapak Ibu anggota dewan” tutur Bupati.

Di ahir sambutan dan tanggapanya, Bupati menyampaikan Selamat Kepada Bapak Anis Mustofa yang telah dilantik menjadi anggota DPRD bojonegoro, dan mohon maaf pada pelantikan tersebut tidak bisa datang karena adanya agenda dihari yang sama. (*)

Reporter: Aziz.

Loading...
Artikulli paraprakSindikat Penyelundupan Benih Lobster Luar Negeri Digagalkan Polda Jatim
Artikulli tjetërDuh! Pasca Diserbu Massa, Kepala Dusun Wartanto Syok

Tinggalkan Balasan