Palsukan BPKB, Bobol Koperasi Simpan Pinjam

70
BPKB Palsu dan tersangka (baju merah) diamankan polisi

SURABAYA (kabarjawatimur.com)- Cristian Diarisa (35) asal Jl. Warugunung Surabaya,harus berurusan dengan Unit Resmob Satreskrim Polrestabes Surabaya. Pemuda ini ditangkap karena melakukan penipuan dengan memalsukan identitas.

Korban penipuan pelaku adalah Budi Widodo warga Setro Baru Surabaya , Sugeng Pribadi warga Tambak Laban Surabaya , Ferdy Yuliansyah warga Manukan Surabaya dan Yogi Hadi Sutoto warga Wijaya Kusuma Mojokerto.

Wakasat Reskrim Polrestabes Surabaya Kompol Bayu Indra Wiguna menjelaskan,komplotan tersangka tersebut berjumalah tiga orang, dua teman tersangka bernama Yudi asal Gresik dan Bambang Suhari asal Dinoyo Surabaya,sampai berita ini ditulis dalam pencarian orang (DPO).

Bayu Indra Wiguna juga menambahkan, berawal tersangka Cristian bersama dua temannya (DPO) menyewa mobil rental,selanjutnya tersangka bersama komplotannya mencari bahan “Buku Pedoman Kendaraan Bermotor” (BPKB). Tersangka sendiri berhasil diamankan berkat laporan para korban kepada Polrestabes surabaya, dan langsung ditindak lanjuti oleh unit Resmob.

Loading...
Baca Juga  Mahasiswa Minta Kejari Tanjung Perak Sosialisasikan Rumah RJ ke Sekolah dan Universitas

“Setelah mendapatkan bahan BPKB tesebut, oleh para tersangka isi yang tercantum di dalam BPKB nama pemilik asli dan alamat beserta jenis kendaraan oleh tersangka di hapus dan ganti disesuaikan dengan STNK mobil yang di sewa dari persewaan mobil rental”, jelas Bayu, Kamis (06/10/2016).

Berbekal BPKB aspal tersebut, pelaku mengajukan pinjaman hutang pada Koperasi Simpan Pinjam” Citra Abadi” dengan menggunakan identitas palsu dan tidak tanggung tanggung para tersangka melakukan perbuatan ini hampir empat kali, masing masing BPKB tersebut dijaminkan anatara Rp.30 juta sampai Rp.40 juta.

“Setelah jatuh tempo pelunasan tersangka tidak melunasi pinjaman tersebut dan melarikan diri sehingga dilaporkan oleh pemilik Koperasi,” kata Bayu.

Baca Juga  Merasa Terjebak, Ketua MUI Balongpanggang Turut Hadiri Pernikahan Manusia dengan Domba

Selain menangkap pelaku, Polisi berhasil mengamankan barang bukti beruapa, 1 bendel berkas pengajuan kredit atas nama Arief Prastyio alamat Sidoarjo, 1 bendel berkas pengajuan kredit atas nama Koeswinarno yang beralamat Tambaksari Surabaya beserta 4 buah BPKB mobil diduga palsu.

Atas perbuatannya tersangka akhirnya dijerat dengan tindak pidana penipuan dan penggelapan atau pemalsuan, pasal 378 KUHP atau 372 KUHP dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara.

Penulis : Ekoyono, Editor : Budi, Publisher : Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakTruk Pengangkut Aspal Ludes Terbakar
Artikulli tjetërKartu BPJS TK Miliki Fasilitas Diskon Menginap Di Hotel

Tinggalkan Balasan