JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Akhir pekan lalu Bupati Jember Hendy Siswanto melakukan kunjuangan kerja di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi Republik Indonesia (Menko Marves RI) di Jakarta, Jumat sore (08/10/2021).

Ada beberapa hal yang disampaikan kepada Menko Marves, salah satunya adalah misi meminta tambahan quota vaksin Covid 19 untuk warga Jember.

Turunya level PPKM Jember dari Level 2 yang tiba-tiba kembali masuk Level 3 beberapa hari lalu mengejutkan banyak pihak. Sesuai Instruksi Mendagri nomor 47, dinyatakan bahwa daerah yang masuk Level 1 minimal harus mencapai target 50 % dari jumlah warga yang tuntas divaksin. Sementara Jember sampai berita ini ditulis baru di angka kurang dari 30 %.

Saat di kantor Kemenko Marves, Bupati Hendy Siswanto disambut langsung oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Kepada Luhut, Hendy memaparkan situasi yang terjadi di Jember, terutama kendala ketersediaan vaksin.

Hal ini langsung direspon positif oleh Menko Marvest RI Luhut BP yang langsung berkoordinasi dengan Kemenkes RI guna segera menyediakan 500ribu vaksin dosis 1 untuk mempercepat pencapaian target vaksinisasi warga agar kembali masuk PPKM Level 1.

Baca Juga  Muscab BPC Gapensi, Pengusaha Milenial Dwi Arya Oktavianto Terpilih Aklamasi Jadi Ketua

“Alhamdulillah laporan kami terkait kondisi dan situasi pandemi di Jember langsung mendapat respon dari Bapak Menko Marvest,” ungkap Bupati Hendy yang juga menyampaikan dalam laporannya terkait tingginya tingkat kesadaran dan kepatuhan masyarakat Jember atas Prokes 5M selama PPKM Jawa Bali berlangsung.

Loading...

“Selain penanganan Covid 19, kami juga sempat membahas banyak hal termasuk masalah ekonomi dan investasi di Jember,” kata Bupati Hendy yang rencananya berada di Jakarta sampai hari Minggu besok untuk menyelesaikan agenda-agenda koordinasi dengan kementerian dan stakeholder pusat.

Menko Marves Dorong Pemkab Jember Kembangkan Sektor Kelautan

Harapan agar Kabupaten Jember segera bangkit mengejar ketertinggalan pembangunan lintas sektor, disampaikan langsung oleh Menko Maritim dan Investasi RI Luhut Binsar Pandjaitan kepada Bupati Jember Hendy Siswanto.

Hal ini disampaikan saat Menko Marvest RI Luhut BP menerima kunjungan kerja koordinasi Bupati Hendy pada Jumat sore (08/10/2021).
Selain agenda utama untuk melaporkan kondisi dan situasi Jember terkait pelaksanaan PPKM Jawa Bali, dibahas dalam pertemuan itu adalah kesiapan Pemerintah Kabupaten Jember dalam membangun dan mengembangkan potensi kelautan yang ada.

Baca Juga  Ribuan Pil dan Narkoba Diamankan dari Pria di Surabaya

“Insyaallah pertengahan Oktober nanti, akan ada pembahasan teknis dengan mengundang pihak Kementerian Koordinator Bidang Maritim dan Investasi,” ungkap Bupati Hendy.

Rencana pengembangan potensi kelautan yang dimaksud ialah pembangunan pelabuhan dan dermaga untuk angkutan barang dan perikanan.

“Pemkab Jember akan bekerjasama dengan investor untuk fokus pada pembangunan pelabuhan angkutan barang, sementara nanti dari Provinsi Jawa Timur yang akan fokus pada pelabuhan untuk perikanan dan nelayan. Ini merupakan sinergi dan kolaborasi yang tepat agar potensi kelautan di wilayah pesisir selatan Jember akan terdorong maksimal,” kata Bupati Hendy menambahkan.

Bupati Hendy sendiri rencananya berada di Jakarta sampai hari Minggu besok untuk bertemu dengan stakeholder-stakeholder pusat. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Berita sebelumyaPemkot Surabaya Kirim Mobil Vaksin Keliling, Bantu Percepat Vaksinasi Aglomerasi

Tinggalkan Balasan