Nilai Ekonomis Tinggi, Istri Bupati Jember Dorong Masyarakat Budidaya Ikan Kuthuk

44

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Tingginya potensi ekonomis Ikan Gabus atau Ikan Kuthuk membuat Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Jember Kasih Fajarani atau akrab dipanggil Bu Rien mendorong masyarakat untuk budidaya. Ikan gabus atau kuthuk dinilai bisa mengangkat perekonomian masyarakat.

Bu Rien istri Bupati Hendy Siswanto menyampaikan hal tersebut saat berkunjung ke Kecamatan Jombang. Kecamatan Jombang saat ini memang dikenal sebagai daerah pengghasil ikan gabus karena di kecamatan tersebut banyak rawa atau sungai sebagai habitat alami ikan gabus.

Ikan Gabus selama ini dapat diolah menjadi produk pangan. Kandungan gizi ikan predator ini sangat tinggi bahkan kandungan albumin nya bisa digunakan sebagai bahan pengobatan medis.

“Saya mengharapkan warga di Kecamatan Jombang ini terutama di Desa Jombang ini untuk membudidayakan ikan kuthuk (ikan gabus),” ujar Rien Hendy Siswanto.

Baca Juga  Pramuka Lamongan Serahkan Bantuan Korban Banjir

“Satu desa harus (budidaya) (agar bisa dimanfaatkan dengan) memasak kuthuk, membikin gorengan kuthuk olahan. Dan membuat jamu kuthuk kayak albumin,” tambahnya.

Ikan dengan nama latin Chana Striata ini juga dapat diolah menjadi produk olahan lainnya seperti abon sebagai pengganti abon sapi.

Loading...

Agar semakin banyak masyarakat yang budidaya ikan yang hidup di rawa ini, Bu Rien akan melibatkan pihak kecamatan setempat dan Penggerak PPK. Kedepan harapnya, kecamatan memberikan bantuan bibit kepada masyarakat, sehingga setiap rumah tangga bisa budidaya ikan gabus.

Dengan budidaya ikan gabus, tidak akan adalagi masyarakat kekurangan gizi sehingga angka stunting di Jember dapat berkurang. Masyarakat menjadi lebih sehat dan sejahtera secara ekonomi.

“Harapannya kedepan masyarakat tidak kekurangan ekonomi. Kan ini juga (bagian) dari UMKM, saya pilih ikan kuthuk ini kan bisa diolah jadi kripik, jamu (minuman berkasiat) karena ini albuminnya tinggi, bisa dibuat rolade juga ini,” harapnya.

Baca Juga  Wanita ini Dibekuk Polda, Bisnis Alkes Berunjung Penjara

Rien juga memuji aktifitas kaum ibu yang ada di desa tersebut karena jeli memanfaatkan dan mengolah ikan kuthuk menjadi produk yang bernilai ekonomis.

Sebagai informasi, kunjungan Bu Rien ke Desa Jombang, Kecamatan Jombang untuk menilai dan mengevaluasi kesatuan gerak PKK. Penilaian akan dilakukan di 31 kecamatan yang ada di Kabupaten Jember.

Sementara itu Camat Jombang Moch Suryadi menyampaikan selama ini peran kader PKK sangat membantu mensosialisasikan program-program pemerintah kabupaten.

“Gerakan PKK baik kecamatan maupun desa sangat memback up, bersinergi dengan instansi lain baik dari puskesmas, PLKB dan semua lini yang ada di kecamatan,” katanya. (*)

Reporter: Eko

Loading...
Berita sebelumya8 Poin Incaran Polisi Dalam Razia Zebra 2021, Selain Kegiatan Edukatif dan Persuasif
Berita berikutnyaIbu ini Ajak Suami dan Anak Jadi Pengedar 

Tinggalkan Balasan