Musrenbang Desa Gumirih Singojuruh Berpolemik

50

BANYUWANGI, Kabarjatim.id-
Beberapa hari terkahir di Banyuwangi, Jawa Timur beredar foto tentang adanya salah satu foto Ketua Partai yang mengikuti Musyawarah Perencanaan Dan Pembangunan (Musrenbang) Desa Gumirih, Kecamatan Singojuruh.

Ketua Partai itu adalah Michael Edy Hariyanto yang merupakan Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Banyuwangi.

Michael menjelaskan bahwa seseorang yang mengomentarinya itu melihat dari cara pandangnya saja, dengan cara melihat foto saja dan tidak melihat kejadian sebenarnya.

Michael mengungkapkan, Kepala Desa (Kades) Gumirih, Mura’i Ahmad mengundang Ketua Partai merupakan mencari terobosan saja dengan tujuan kepingin rakyatnya bisa berubah, karena yang bisa menolong menampung suara rakyat adalah melalui politik.

“Ketua Partai dan Anggota DPR seharusnya diundang Musrenbangdes. Karena yang diinginkan rakyat itu tahu dan Ketua Partai yang mengambil kebijakan,” tegas Michael

“Saya hanya diundang sebagai ketua partai dan saya menyampaikan 5-10 menit saja menjelaskan pendidikan politik tentang rakyat harus berubah mandsetnya,” imbuhnya

Kemudian, Kepala Desa Gumirih, Mura’i Ahmad mengatakan, adanya undangan kepada ketua partai itu memang benar kebenarannya dan dirinya mempunyai dokumen undangan tersebut. Saat acara Musrenbangdes tersebut juga dihadiri Camat Singojuruh, serta seluruh tokoh dan masyarakat.

Baca Juga  Bupati Bojonegoro Hadiri Deklarasi Jejaring Panca Mandala

“Kami mengundanghadirkan 9 Anggota DPRD dan Anggota Dewan se Dapil 2 di Musrenbangdes pada waktu itu hanyalah untuk kepentingan rakyat pada tahun 2020. Namun yang datang hanya Pak Michael saja, karena yang lainnya tidak bisa hadir sebab ada kegiatan lain,” cetus Mura’i, pada Sabtu (26/1/2019)

Loading...

Perlu diketahui 9 orang anggota DPRD dan ketua partai yang diundang adalah, Handoko SE, selaku wakil rakyat Dapil 2 dari Partai Demokrat; H Ali Mahrus, wakil rakyat Dapil 2 dari Partai PKB; Syahroni, wakil rakyat Dapil 2 dari partai PPP; Salimi, wakil rakyat Dapil 2 dari Partai PDI P; dan Limpat Prawiro Dikdo, anggota dewan Dapil 2 dari Partai Gerindra. Juga anggota DPRD Provinsi Jawa Timur, yang asli Dapil 2 Banyuwangi, H Fauzan.

Kemudian, H Joni Subagyo, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, yang juga Caleg Dapil 2, juga turut diundang. Dia diundang selaku Ketua DPC Partai PKB Banyuwangi. Termasuk Ketua DPC Partai Demokrat Banyuwangi, Michael Ed Hariyanto.

Masih Mura’i, sebenarnya ada dua anggota DPRD Banyuwangi lain yang turut diundang. Yakni Ma’rifatul Kamila, wakil rakyat Dapil 2 dari Partai Golkar dan Made Suwastiko, wakil rakyat Dapil 2 dari Partai PDI P. Namun karena keduanya tidak bisa ditemui, akhirnya undangan tidak tersampaikan.

Baca Juga  Tebu Tidak Diangkat Diduga Mengalami Kerugian, Berikut Penjelasannya

“Semua saya yang undang dan menghantarkan undangannya sendiri, kalau tidak percaya bisa buka CCTV DPRD. Ini wujud sungguh sunguh saya menghadirkan kepada 9 Anggota Dewan dan Ketua Partai,” katanya

Sementara itu, Camat Singojuruh M. Lutfi mengaku bahwa dirinya juga hadir dalam Musrenbangdes tersebut, namun dirinya meninggalkan tempat terlebih dahulu.

“Ada masalah ini. Besok paginya sudah kami buatkan panggilan dinas untuk teguran lisan kepada Kepala Desa Gumirih, Mura’i Ahmad,” ungkapnya

Sementara itu, Ketua Bawaslu Banyuwangi, Hamim, kepada wartawan mengaku pihaknya telah mendapat kabar terkait polemik Musrenbangdes Gumirih. Bahkan, investigasi awal juga telah dilakukan oleh jajarannya.

“Saat ini masih proses kajian, hasil kajian nanti akan dijadikan dasar untuk perlu dilakukan klarifikasi atau tidak,” ucapnya.

Hamim menambahkan, jika ada pihak yang melakukan laporan, maka akan dilakukan proses sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Reporter : Rochman

Teks foto : Ketua Partai itu adalah Michael Edy Hariyanto.

Editor : Eko

Loading...
Artikulli paraprakBerikan Motivasi Belajar, Danramil Kesamben Sambangi TK Kartika
Artikulli tjetërTahukah Anda, jika di Pakal Surabaya ada Hutan yang Patut Dikunjungi

Tinggalkan Balasan