Mudahkan Masyarakat, Diskominfo Luncurkan ‘Pencaker’

21

SURABAYA (Kabarjawatimur.com)-Maraknya pencari pekerjaan dikalangan Masyarakat memunculkan inovasi dari Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), yakni dengan meluncurkan Aplikasi Pencari kerja (Pencaker).

Aplikasi ini berfungsi untuk memudahkan Masyarakat dalam mencari kerja di bidang Formal dan Informal. Kepala Diskominfo Kota Surabaya, M. Fikser menjelaskan, pihaknya bekerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) dan stakeholder yang ada di Kota Pahlawan dalam menyediakan aplikasi pencaker.

“Intinya aplikasi itu untuk mempermudah, lebih terbuka pencari kerja di Surabaya dari keahlian yang secara formal maupun informal,” kata Fikser di kantornya, Selasa (28/9/2021).

Loading...

Fikser juga menjelaskan bahwa aplikasi ini ditujukan khususnya untuk Warga Surabaya yang penghasilannya dibawah Rp 7 juta yang akan dibantu aksesnya ke Perusahaan di Surabaya.

Baca Juga  Dekat Dengan Masyarakat, Ganjar Pranowo Didukung Para Kiai di Kabupaten Tuban

Fikser mencontohkan, cara kerja aplikasi ini, misalnya, perusahaan A membutuhkan tenaga security atau petugas keamanan. Maka, perusahaan A langsung bisa memilih daftar pencari kerja dalam aplikasi itu sesuai dengan bidang keahlian yang dibutuhkan.

Dalam hal ini, peran Disnaker juga penting dalam meningkatkan skill dari para pencari pekerja. Harapannya, ketika ada perusahaan yang membutuhkan pekerja dengan keahlian khusus, maka pencari kerja itu bisa diterima.

“Ketika ada perusahaan yang membutuhkan pekerja tapi skillnya kurang, itu kemudian menjadi kewenangan Disnaker untuk meningkatkan skill dari para pekerja,” jelasnya.(*)

Reporter : Gita Tamarin

 

Loading...
Artikulli paraprakTimpora Mojokerto Bersinergi Mantapkan Pengawasan Orang Asing di Masa PPKM Darurat
Artikulli tjetërPemkot dan Koarmada II Persilahkan Non KTP Surabaya Ikut Vaksinasi

Tinggalkan Balasan