SUKODONO (kabarjawatimur.com) – Ratusan warga kurang mampu mendapatkan penyuluhan kesehatan dalam rangka Milad Baznas ke 16, di Klopo Sepuluh, Sukodono, Rabu (18/1/2017).

Hadir dalam acara seminar bartajuk Hidup Sehat Dengan Diabetes Melitus, Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. Al Faizin Manager Rumah sehat Baznas PGN Al Chusnaini menerangkan, penyuluhan ini juga diberikan di seluruh wilayah Jawa Timur.

“Untuk penyuluhan, kita terjunkan tim medis, dokter dan lainnya,” jelas Iqbal.

Sementra itu Rumah Sehat Baznas-PGN-Al Chusnaini saat ini sudah mempunyai rawat inap, rawat jalan dan fasilitas lainnya. “Kita siapkan 10 bed rawat inap untuk pasien miskin,” tandas Iqbal.

Sedangkan setiap harinya, Rumah Sehat yang berdiri tahun 2012 ini melayani sekitar 100 pasien rawat jalan dan empat rawat inap. Tahun 2012, Rumah Sehat sudah mempunyai sebanyak 500 KK (Kepala Keluarga) atau sekitar 900 jiwa yang menjadi member, kini sudah mencapai 10 ribu jiwa dari warga miskin.

Baca Juga  Polisi Juga Sita Bong, Test Urine Pria ini Positif
Loading...

Dibangunnya Rumah Sehat tanpa chasier tersebut merupakan kerjasama antara Perusahaan Gas Nasional (PGN), Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dan Yayasan Al Chusnaini.

Untuk pembangunan gedung dibiayai oleh PGN, lahan yang digunakan merupakan tanah wakaf dari Yayasan Al Chusnaini dan untuk biaya operasional ditanggung oleh Baznas.

Layanan di ruangan terdiri atas layanan dokter umum, UGD, Poliklinik gigi dan mulut, layanan dokter spesialis, konsultasi psikologi dan perkawinan, unit farmasi, layanan ambulans, laboratorium, USG, rawat inap dan khitan massal. Rumah Sehat juga menyediakan pelayanan persalinan.

Kawasan yang menjadi tujuan layanan luar, diprioritaskan untuk kawasan yang dihuni masyarakat miskin yang sulit mendapat akses kesehatan. Diantaranya, Desa Kalikajang, Gebang, Kepetingan, Kecamatan Sidoarjo. Kawasan ini bisa ditempuh dengan menggunakan transportasi laut.

Baca Juga  Cakades Gatot Risdiyanto Ingin Gambiran Berbenah

Reporter: Abidin, Editor: Budi, Publisher: Gunawan

 

Loading...
Berita sebelumyaSlogal Sampaikan Uji Petik Pemutakhiran OBS KRI Wilayah Timur  
Berita berikutnyaBandar Judi Diringkus Reskrim Polsek Margomulyo

Tinggalkan Balasan