Merasa Galau, PKL Rogojampi Wadul DPRD Banyuwangi

19
Perwakilan PKL Rogojampi ketika di DPRD Banyuwangi

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Sejumlah perwakilan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Rogojampi, Banyuwangi yang merasa resah dan galau soal wacana relokasi akhirnya wadul ke DPRD setempat. Mereka ditemui langsung oleh Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto.

“Kami hanya ingin berdiskusi dengan legislatif. PKL di Rogojampi perlu mendapat perhatian khusus,” ucap Irfan Hidayat, Sekretaris Paguyuban PKL Bersatu Rogojampi, di ruang DPRD Banyuwangi, pada Selasa (19/11/2019).

Perlu diingat, lanjut Irvan, Rogojampi merupakan kota barometer. Bahkan ikon Rogojampi adalah pasar. Jika wacana relokasi itu akan dilakukan, maka mata pencaharian PKL yang masuk dalam kategori ‘Wong Cilik’ tersebut akan hilang dan sepi.

“Jika PKL hilang, kota ini bisa-bisa sepi. Padahal pertimbangannya, PKL itu hanya berjualan hanya hitungan jam saja,” katanya.

Baca Juga  Tak Pakai Masker, Pasutri di Rogojampi Kena Sanksi Sosial Hafalkan Pancasila

Irvan pun juga mencontohkan, ratusan pedagang tersebut kebanyakan menggunakan metode bongkar pasang untuk berjualan. Mereka membawa rombong sebagai lapaknya yang kemudian dibawa pulang ke rumahnya.

Perwakilan PKL saat berdiskusi dengan Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto

Sementara itu, Samsul selaku Ketua PKL Bersatu Rogojampi juga berharap bahwa Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Banyuwangi No. 11 tahun 2014 tentang Ketertiban Umum dan Ketertiban Masyarakat menjadikan momok (ketakutan) pada masyarakat.

Loading...

“Kami sebagai warga negara Indonesia (WNI) sangat taat dengan peraturan dan perundang undangan. Ingat bila besar nanti, kami bisa mandiri,” tegas Samsul.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Banyuwangi, Michael Edy Hariyanto dalam diskusi tersebut menyampaikan, PKL di Rogojampi sudah ada sejak dirinya masih kecil. Dirinya juga berpesan kepada PKL agar tidak perlu kuwatir soal wacana relokasi.

Baca Juga  Awas! Warga Banyuwangi Langgar 'Prokes' Bakal Diburu Mobile Hunter Covid-19

“Hingga sekarang belum ada kejelasan terkait nasib mereka. Jika dalam waktu dekat akan dilakukan penggusuran, saya berada didepan. Kami siap mengatasi membantu semaksimal mungkin,” tegas Michael.

Pihaknya juga akan segera mengagendakan pertemuan dengan eksekutif, untuk menindaklanjuti hal tersebut. Apalagi, Michael juga wakil rakyat putra daerah kelahiran asli Rogojampi.

“Saya siap menampung aspirasi masyarakat. Saya akan berjuang mencari solusi yang baik untuk rakyat, dan saya siap demi kepentingan masyarakat,” ujarnya.

Sekedar informasi, wacana relokasi para PKL tersebut akan ditertibkan mulai dari trafight light Lincing hingga ke Terminal Rogojampi. (*)

Reporter: Rochman

Loading...

Tinggalkan Balasan