Melebihi Izin Tinggal, Tiga Warga Negara Afrika Diamankan Imigrasi Jakpus

Imigrasi Jakarta Pusat
Saffar Muhammad Godam, Kepala Divisi Keimigrasian Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta memberikan keterangan kepada wartawan.

JAKARTA (Kabarjawatimur.com)
Tiga warga negara asing (WNA) berkebangsaan Afrika, diamankan jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat dari area apartemen dan hunian di Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, beberapa hari lalu.

Rabu (24/2/2021), Divisi Keimigrasian Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia DKI Jakarta bersama jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat, menggelar press conference penangkapan tiga WNA  di Aula Kanwil Kemenkumham DKI Jakarta.

“Izin tinggal yang bersangkutan telah melebihi masa berlaku. Makanya, akan segera dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” ujar Godam, mantan Kakanim Kelas I Khusus Soekarno-Hatta ini.

Lanjut Godam, pengamanan terhadap WNA ini merupakan langkah Direktorat Jenderal Imigrasi untuk melaksanakan fungsi keimigrasian keamanan negara dan penegakan hukum. Dalam operasi pengawasan tersebut, petugas Kanim Jakpus terpaksa mengamankan WNA tersebut karena tidak dapat memperlihatkan dokumen perjalanan.

Loading...

“Tiga WNA tersebut patut diduga melanggar dan melakukan tindak pidana Pasal 116 dan atau Pasal 119 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian dengan ancaman pidana 5 (llima) tahun penjara dan denda paling banyak Rp.500.000.000,-(lima ratus juta rupiah),” sambungnya.

Sekadar diketahui, operasi pengawasan keimigrasian mandiri ini merupakan salah satu upaya Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat untuk secara rutin mengawasi kegiatan dan keberadaan Orang Asing di wilayah kerja Kanim Jakarta Pusat.

Diharapkan, dengan operasi pengawasan orang asing ini dapat mengurangi pelanggaran keimigrasian maupun pelanggaran umum yang dilakukan oleh orang asing di wilayah Jakarta Pusat.

Pada kegiatan rilis pagi tadi, dihadiri Yongki Muhammad Zein (Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian), Barron Ichsan (Kepala Kantor Imigrasi Kelas I Non TPI Jakarta Pusat), dan Iqbal (Kepala Seksi Tindakan Keimigrasian). (*)

Reporter: Ibad
Editor: Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaKakanim Surabaya Ingatkan Perawatan Berkala Kendaraan Dinas
Berita berikutnyaAksi Bobol ATM Pria ini Digagalkan Satpam Bank

Tinggalkan Balasan