Kepala Kantor Bea Cukai Gresik Bier Budy didampingi Kabag Perekonomian Pemkab Gresik Wijayani Lestari saat menunjukkan ratusan rokok ilegal hasil sitaan.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Bea Cukai Gresik bersinergi dengan Pemkab Gresik dalam memerangi maraknya peredaran rokok ilegal. Salah satunya melalui patroli cyber yang akhirnya berhasil menyita 381.880 batang rokok ilegal tanpa pita cukai.

Dalam rilis penyitaan kali ini, hadir Kepala Kantor Bea Cukai Gresik Bier Budy, Kabag Perekonomian Pemkab Gresik Wijayani Lestari dan Kasubag Komunikasi Pimpinan Pemkab Gresik Abdul Manan, pada Kamis (2/9/2021).

Kepala Kantor Bea Cukai Gresik Bier Budy mengatakan, keberhasilan penindakan rokok ilegal ini diawali dari kegiatan patroli cyber atau patroli medsos yang rutin dilakukan.

“Di era PPKM seperti saat ini, para pelaku kegiatan ilegal ini memanfaatkan medsos untuk mengedarkan barangnya.” ujar Bier Budy, Kamis (2/9/2021).

Baca Juga  Grebek Rumah Kupang Panjaan, Polisi Amankan Puluhan Gram

Dari temuan awal ini, tim patroli cyber lalu melakukan penelusuran di lapangan dengan berpura-pura sebagai pembeli. Alhasil, mereka mendapati 3 bal rokok ilegal di daerah Kecamatan Bungah, Gresik.

Tim lalu melakukan pengembangan lebih lanjut. Dan akhirnya berhasil menemukan rokok ilegal dalam jumlah besar di Karangbinangun, Kabupaten Lamongan.

Loading...

“Dari penindakan ini didapatkan kurang lebih 21 karton rokok jenis sigaret kretek mesin (SKM) sebanyak 16 merk,” ungkapnya.

Rokok ilegal hasil sitaan ini diperkirakan senilai Rp 389.517.600 dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 274.884.862. Kini tim masih melakukan pendalaman lebih lanjut terhadap dua pelaku yang terlibat berinisial P dan A.

Keduanya diduga melanggar pasal 54 dan atau pasal 56 UU nomor 39 tahun 2007 tentang cukai dengan ancaman hukuman penjara paling lama 5 tahun.

Baca Juga  BRI Dukung Percepatan Vaksinasi dengan Salurkan Bantuan Sosial

Kebag Perekonomian Pemkab Gresik Wijayani Lestari menambahkan, temuan ini berawal dari kecurigaan adanya penjual rokok via online dengan harga yang murah.

“Dari kecurigaan ini kami lalu bekerjasama dengan pihak Bea Cukai. Selanjutnya ditindaklanjuti hingga berhasil mengamankan ribuan batang rokok ilegal,” kata Wijayani.

Melalui penindakan ini, lanjut Wijayani, diharapkan mampu memberikan efek jera terhadap para pelaku. Dan sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat umum untuk berperan dalam pemberantasan peredaran rokok ilegal. (*)

Reporter : Azharil Farich

Loading...
Berita sebelumyaPolresta Banyuwangi Bongkar Pembuatan Tes Rapid Antigen Palsu
Berita berikutnyaTukang Cat Jatuh dari Ketinggian, Tewas Dilokasi Kejadian

Tinggalkan Balasan