Media Diharapkan Lebih Mendalami Istilah Perbankan

0

YOGJAKARTA (kabarjawatimur.com) – Memasuki hari kedua Capasity Building dan media gathering KPw BI Jatim 2022, Sabtu (11/6/2022), Bank Indonesia Jawa Timur siap berbagi informasi perbankan secara terbuka terkait istilah dan teknis tugas hariannya.

Sebagai pembicara nara sumber antara lain Budi Hanoto selaku Deputy Senior KPw Bank Indonesia Jawa timur dan Ronny Sugiantoro, Wakil Pimpinan Redaksi Harian Kedaulatan Rakyat.

Budi Hanoto dalam kali ini disela sela masa pensiun dalam hitungan hari memberikan keterangan, “pertemuan kali ini pihaknya bersama media mencoba berbagi informasi selain terkait perkembangan ekonomi Jatim, juga menyampaikan informasi tenis kerja harian,” ujarnya, Sabtu (11/6/2022).

Selain itu pembicara Ronny Sugiantoro lebih mengajak para rekan media terutama yang berbasis di ekonomi bisnis dihimbau untuk lebih mengali informasi dan berita tidak mengandalkan wawancara nara sunber, namun juga harus melibatkan opini yang dimilki oleh seorang insan pers.

Loading...
Baca Juga  Venue Porprov di Jember 80 Persen Siap

Praktisi jurnalis ini lebih condong tentang tekhnis menulis berita ekonomi yang baik.
Ronny mengutarakan, untuk membuat penulisan berita ekonomi berbobot, jurnalis harus memperoleh atau memprkaya data dari pihak eksekutif, legislatif, praktisi dan masyarakat tentunya.

Ronny mengemukakan teknis penulisan berita ekonomis bisnis juga harus diperkuat oleh grafis, ilustrasi foto,akurasi data, istilah, tanpa pemborosan kalimat dan Bahasa Indonesia yang baku
“Bila tekhnis tekhnis telah dilakukan maka akuratsi pemberitaan lebih dominan dan kebosanan pembaca akan terhindarkan,” tutur Ronny.

Selain itu untuk istilah istilah pemberitaan ekonomi, wartawan bisa saling belajar kepada nara sumber langsung. Keterbatasan istilah yang dimiliki oleh seorang jurnalis bisa dikatakan wajar, karena apa yang diliput bukan satu instansi namun beberapa instansi yang mempunyai istilah berbeda.

Baca Juga  Tega, Ibu Kandung Buang Bayi Sendiri Berusia 7 Bulan

Teks Foto: Nara sumber Capasity Building dan media gathering KPw BI Jatim.

Reporter : Rusmiyanto

Loading...
Artikulli paraprakGubernur Khofifah Nyatakan Bojonegoro Miliki Desa Mandiri Terbanyak Se- Jatim

Tinggalkan Balasan