Mau Maju jadi Calon Bupati dan Wakil Bupati Jalur Independen di Sidoarjo? Ini Persyaratannya!

70

SIDOARJO, (Kabarjawatimur.com) – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sidoarjo menggelar sosialisasi tahapan dan persyaratan pencalonan perseorangan Pemilihan Bupati (Pilbup) dan Wakil Bupati Sidoarjo 2020 di Hotel Luminor, pada Kamis (19/12/2019).

Ketua KPU Sidoarjo M Iskak menjelaskan, sosialisasi ini bukan hanya tentang tahapan secara keseluruhan, melainkan juga persyaratan pencalonan independen.

“Kami mengundang semua pihak dan elemen masyarakat untuk mensosialisasikan tahapan pilkada sesuai dengan PKPU No 18 Tahun 2019. Khususnya untuk persyaratan independen,” katanya ditemui usai sosialisasi.

Terpisah, salah seorang komisioner KPU Sidoarjo bagian divisi Teknis Penyelenggaraan, Miftakul Rohma menjelaskan bahwa dalam PKPU No 18 Tahun 2020 pada Pasal 34 ada aturan terkait pencalonan perseorangan.

Baca Juga  RAP Pembangunan Jembatan, Berikut Penjelasan Dana Dusun Jubellor

“Pasal tersebut mengatur apabila calon perseorangan sudah mendaftar dan mengikuti tahapan verifikasi administrasi yang bersangkutan tidak lagi dapat mencalonkan dari partai politik,” ujarnya.

Loading...

Dia menambahkan, tahapan calon perseorangan kali ini berbeda dengan pada tahun sebelumnya. Pada Pilbup kali ini, sedikitnya ada tiga model form yang harus dilengkapi.

“Yang pertama yaitu pernyataan dukungan B1 KWK dengan jumlah dukungan 9,843 ribu angket yang tersebar di seluruh kecamatan, lalu B11 KWK yang merupakan rekap nama dari B1 KWK serta D2 rekap jumlah dukungan dari setiap kecamatan dan desa.

“Nanti jalur perseorangan ini kalau sudah lolos pada proses pengecekan dan verifikasi administrasi baru berhak bakal calon bisa mendaftarkan diri sebagai pasangan calon pada 16-18 Juni. Tetapi kalau mereka tidak memenuhi persyaratan ya mereka tidak bisa daftar,” jelas Mifta.

Baca Juga  Kenapa Tebu di Kebun PTPN XII Kalikempit Tidak Dimuat ?

Sebagai informasi, Pasal tentang calon perseorangan yang tidak dapat maju dari parpol adalah Pasal 34 PKPU No 18 Tahun 2019 di mana disebutkan bahwa Pasangan Calon perseorangan yang telah mengikuti proses verifikasi administrasi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 18 ayat (1), Bakal Pasangan Calon perseorangan tidak dapat diajukan sebagai calon dan/atau Bakal Pasangan Calon oleh Partai Politik atau Gabungan Partai Politik. (*)

Reporter: Viane Carra

Loading...
Artikulli paraprakNatal dan Tahun Baru, KAI Daop 9 Jember Turunkan Personel Gabungan Keamanan
Artikulli tjetërUntuk Tahun Baru, Tiga Pria di Surabaya Bobol Gudang

Tinggalkan Balasan