WNA asal Filipina, Ronily Munda Silingadate (baju merah) saat didatangi petugas imigrasi di tempat tinggalnya.

GORONTALO (Kabarjawatimur.com)
Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo, mendeportasi warga negara asing (WNA) asal Filipina, Ronily Munda Silingadate dari tempat tinggalnya di Kecamatan Lemito, Kabupaten Pohuwato Gorontalo, Sulawesi Utara ke negara asalnya, awal Nopember.

Yang bersangkutan ini telah melanggar Pasal 71 (a) dan terpaksa dilakukan tindakan administratif berupa pendeportasian seperti yang telah diatur dalam Pasal 75 (b) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian.

Kasi Teknologi dan Informasi Kantor Imigrasi Kelas I Gorontalo Dedi Firman mengatakan, WNA diamankann petugas karena tidak memiliki paspor dan izin tinggal di Indonesia. Petugas imigrasi mengamankan yang bersangkutan pada 2 Oktober lalu.

“WNA ini masuk ke Indonesia secara ilegal dengan menggunakan perahu nelayan pada tahun 2015 lalu bersama suaminya menuju Kepulauan Sangihe Talaud, Sulawesi Utara. Selama 5 tahun WNA ini tinggal di Pohuwato bersama suaminya,” ujar Dedi pasca pendeportasian WNA, Rabu (25/11).

Baca Juga  Peringatan HUT 62 tahun, MPC PP Jember Berbagi Beras 2 Ton
Loading...

Lanjutnya, petugas mendapatkan informasi keberadaan orang asing tersebut dari petugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pohuwato, di mana yang bersangkutan akan mengurus kartu tanda penduduk atau KTP.

Berbekal informasi Disdukcapil, petugas langsung melakukan pengecekan kelengkapan izin tinggal dan paspor. Namun saat di lakukan pemeriksaan, WNA tersebut tidak bisa menunjukan surat dari ke imigrasian seperti paspor dan keterangan izin tinggal di Indonesia.

Kepada petugas, WNA tersebut mengaku kedatangannya ke Indonesia tidak memiliki tujuan untuk bekerja, melainkan ikut bersama suaminya yang saat ini telah menetap di Kabupaten Pohuwato.

“WNA tersebut telah dideportasi ke daerah asalnya melalui Kantor Imigrasi Sulawesi Utara awal Nopember lalu,” pungkas Dedi. (*)

Baca Juga  Puluhan Orang Terdampak Narkoba Dapat Bantuan Mesin Jahit

Reporter: Boy
Editor: Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaMantan Karyawan Bank ‘Plat Merah’ Lakukan Penipuan Investasi Bodong
Berita berikutnyaPengacara Kondang Banyuwangi Klarifikasi Bupati Anas Terkait Beredarnya Foto ‘Manuk Emprit’

Tinggalkan Balasan