Mahasiswa Kedokteran UMM Dorong Peningkatan Perekonomian Desa Sumberagung Tuban

47
Perwakilan UMKM bersama mahasiswa UMM

TUBAN, (Kabarjawatimur.com) – Beberapa upaya untuk mendorong peningkatan perekonomian dimasa pandemi covid 19 terlihat gencar dilakukan oleh banyak pihak, tak hanya dari unsur pemerintah dan swasta, namun kalangan mahasiswa pun juga ikut turun tangan.

Seperti yang terlihat di Desa Sumberagung, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban, para mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) menghadirkan terobosan pemberdayaan ekonomi melalui program Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) Bhaktimu Negeri.

Selain menyerahkan akun produk online dan instagram kepada perwakilan UMKM setempat untuk dikelola, Mahasiswa PMM Kelompok 12 Gelombang 2 UMM juga memberikan bimbingan pemasaran secara online.

Dhita Pradanty, salah satu Mahasiswa Fakultas Kedokteran UMM angkatan 2017 mengatakan bahwa, faktor pendukung lain terobosan mereka adalah adanya media sosial yang sudah dikenal luas oleh masyarakat dan sering digunakan untuk mendukung aktivitas sehari-hari, terutama di era new normal.

Baca Juga  Wonosari Wetan Surabaya Geger, Satu Warganya Bersimbah Darah
Loading...

“Pemilik UMKM kita bimbing tentang bagaimana promosi secara online serta penjualan secara online, sehingga program ini dapat berlanjut dan diterapkan secara mandiri oleh masing-masing pemilik UMKM,” terangnya, pada Jum’at (21/8/2020).

Selanjutnya, Dhita juga menyampaikan tentang progres dan manfaat dari program tersebut, menurutnya interkoneksi antara subyek dan obyek mampu memberi peluang tersendiri bagi pelaku UMKM.

“Manfaatnya sudah sangat dirasakan oleh UMKM yang pernah mengikuti program, dengan melihat adanya peningkatan penjualan hasil produk secara online,” jelasnya kepada Kabarjawatimur.com.

Disisi lain, kegiatan PMM kelompok 12 UMM juga diisi dengan bakti sosial (Baksos) pembagian masker, face shield, dan vitamin untuk masyarakat secara gratis, serta mengunjungi tiap-tiap rumah warga guna memberikan edukasi pentingnya protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga  Demo Tolak Omnibus Law di Banyuwangi, Sejumlah Pendemo Diamankan Polisi

Selain itu, mereka juga mengadakan Bazar Sembako Murah, dengan kupon seharga Rp 15 ribu masyarakat bisa mendapatkan beras 2,5 kg dan minyak goreng 1 liter. (*)

Reporter : Pradah

Loading...

Tinggalkan Balasan