JEMBER, (Kabarjawatimur.com) –Wakil ketua DPRD Jember Dedy Dwi Setiawan serahkan macan rembah yang nyasar masuk halaman rumahnya kepada pihak BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam) Wilayah III Jember.

Dengan membawa sejenis kucing hutan itu, Dedy datangi kantor BKSDA Wilayah III Jember di Jalan Jawa, Tegal Boto, Kecamatan Sumbersari, Jember, Senin siang (24/5/2021).

Satwa liar jenis macan rembah atau macan kuwuk dibawa dengan memakai baket plastik.

Dedy menyerahkannya langsung kepada Plh Kepala Bidang KSDA Wilayah III Jember Purwantono.

Penyerahan hewan temuan yang dilindungi ini menurut Dedy selain kelestarian satwa liar yang dilindungi, upaya yang dilakukannya untuk mengedukasi masyarakat.

”Kita menemukan macan kuwuk dan itu dilindungi dalam undang-undang juga sudah jelas,” kata Dedy.

”Kita juga mau mengedukasi kepada masyarakat agar ayolah kita bersama-sama memikirkan agar hewan tersebut tidak punah, makanya kita serahkan ke BKSDA,” sambungnya.

Baca Juga  PMI Jember akan Gelar Simulasi Bencana

Sementara itu Plh Kepala Bidang KSDA Wilayah III Jember Purwantono, mengatakan saat ini kesadaran masyarakat untuk menyerahkan satwa liar dilindungi yang dipelihara atau tangkapan semakin meningkat. Meningkatnya kesadaran masyarakat ini tidak lepas banyaknya informasi yang diterima masyarakat.

Loading...

”Mungkin dari banyaknya pemberitaan di media, media sosial, informasi di tv ada penyerahan oh harus diserahkan,” katanya.

“Biasanya mereka (masyarakat) melaporkan. Pak kami akan menyerahkan, masyarakat semakin sadar,” sambungnya.

Purwantono lebih lanjut mengatakan hewan liar yang biasa hidup di alam ketika dipelihara akan menyiksa satwa tersebut.

”Bayangkan biasa hidup di hutan di alam liar kemudian dipelihara sangat kasian pak mereka (hewan liar) akan terkekang,” jelasnya.

Baca Juga  Jember Juara Umum Pameran AOE 2021

Meski telah banyak masyarakat yang sadar namun Purwanto tetap berpedan kepada masyarakat jika ada yang memelihara satwa liar agar menyerahkan kepada BKSDA.”Kami tidak ada henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat agar menyerahkan hewan liar yang mereka pelihara untuk diserahkan kepada pemerintah dalam hal ini BKSDA.

Seperti diberitakan sebelumnya Sabtu (22/5/2021), rumah pribadi Wakil Ketua DPRD Jember Dedy Dwi Setiawan heboh setelah hewan dengan nama latin Prionailurus Bengalensis tiba-tiba masuk ke dalam halaman.

Hewan yang dilindungi itu naik ke pohon jambu yang ada di taman rumah.

Diduga macan rem-rem remaja itu terpisah dari induknya saat belajar berburu burung.
Terbukti ada dua bangkai burung tergeletak di bawah pohon jambu.

Reporter: Rio

Loading...
Berita sebelumyaPolres Mojokerto Bongkar Penipuan Arisan Lebaran Senilai Rp 1 Miliar
Berita berikutnyaHiburan Musik Hajatan di Banyuwangi Dibubarkan

Tinggalkan Balasan