LPS Pelihara Stabilitas Sistem Perbankan

18

SURABAYA (kabarjawatimur.com)
LPS (lembaga Penjamin Simpanan) merupakan lembaga yang berfungsi untuk menjamin simpanan nasabah yang melakukan penyimpanan di Bank, serta turut aktif dalam memelihara stabilitas sistem perbankan sesuai dengan kewenangannya.

Sehingga mempunyai tugas untuk merumuskan dan menetapkan kebijaksanaan penjamin simpanan, melaksanakan penjaminan simpanan, merumuskan dan menetapkan kebijakan dalam rangka memelihara stabilitas sitem perbankan.
Merumuskan dan menetapkan serta melaksankan kebijakan, termasuk dalam penyelesaian bank gagal yang tidak berdampak sistemik ataupun berdampak sistemik.

Jumpa pers yang dilakukan di Surabaya Kamis (20/10/2016) dihadiri oleh nara sumber Suyatno selaku ketua Perbarindo Jatim dan Poltak L. Tobing Direkttur LPS Jawa Timur, memberikan keterangan.
dari banyaknya pencabutan izin perbankan sehingga LPS mempunyai peran penting untuk menyelamatkan keuangan nasabah yang berada di bank saat mengalami lekuidasi atau pencabutan izin.
“Meski izin usaha bank di cabut, namun nasabah tidak perlu kawatir karena untuk tabungan akan diamankan oleh LPS,” ujar Poltak L. Tobing.

Loading...
Baca Juga  Apes, Penarik Tas Dosen Dibekuk Polisi Usai Beraksi

Bila diketahui untuk tahun 2013 hingga 2015 terdapat BPR (Bank Perkeriditan Rakyat) berjumlah 325, namun pada Agustus 2016 berkurang menjadi 321 bank.
Dari berkurangnya jumlah BPR akibat di likuidasi maka secara otomatis untuk jumlah rupiah milik nasabah yang ada di bank tersebut akan diselamatkan oleh LPS.

Sistem dan kinerja LPS yang dibentuk pada tahun 2005 dengan dilindunggi Undang-undang no.24 tahun 2004.
Mempunyai peran dalam sistem perbankan dan keuangan.
Peran tersebut menciptakan keamanan dan ketenagan masyarakat untuk berstansaksi dengan perbankan, serta menjaga kepercayaan nasabah terhadap sistem perbankan nasional.
Selain itu lebih ‘Sound Banks’ dengan mendorong meningkatkan kinerja dan kesehatan bank melalui sistem operasional yang handal, juga ‘sound baking system’ dengan terciptanya stabilitas sistem keuangan yang kuat dan sistem perbangkan yang sehat.

Baca Juga  Komisi D Ajak 882 Guru PPPK Tingkatkan Kualitas Pendidikan di Surabaya

Dengan perlindungan yang dilakukan oleh LPS melalui BPR, maka mewujudkan masyarakat khususnya menengah kebawah untuk lebih percaya dan aman dalam bertansaksi. Dimana BPR merupakan bank yang secara langsung berinteraksi dengan masyarakat,dan untuk Jawa Timur sendiri BPR sudah berdiri di Kabupaten Sidoarjo, Magetan, dan Pasuruan.

Penulis Rusdi, Editor: Budi, Publisher : Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakCuri Motor, Satu Ditangkap, Tiga Kabur
Artikulli tjetërBermainPokemon, Dibacok Orang Tak Dikenal

Tinggalkan Balasan