Los Dol! Begini Resep dan Tips Bumbu Sate Kambing Bisa Empuk

184
Gadis Banyuwangi saat mengolah kuliner sate. (FOTO:Rochman/Kabarjawatimur.com)

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Hari raya Idul Adha identik dengan menyembelih hewan kurban. Tak jarang para masyarakat berbondong bondong menginginkan aneka kuliner yang berbahan daging, diantaranya sate, gulai, bistik, rendang, bakso, rawon, dendeng.

Namun, ada tips tersendiri bila membuat kuliner sate agar daging saat dibakar bisa empuk dan lezat saat disantap oleh sanak keluarga.

Ya, daun pepaya ternyata dipercayai sebagai tips agar daging menjadi empuk dan lunak. Caranya, sebelum dibakar, daging tersebut dipotong kecil-kecil. Kemudian daging ditusukan ke tusuk sate yang telah dipersiapkan.

Loading...
Tusukan sate saat ditempatkan pada pelepah daun pepaya. (FOTO: Rochman/Kabarjawatimur.com)

“Selesai dimasukan ke tusuk sate, kemudian siapkan wadah yang telah dipasangi dengan daun-daun pepaya. Lalu diamkan beberapa saat,” kata Yunita Priwatika Sari, Jum’at (31/7/2020).

Baca Juga  TPDI : Harusnya DPR RI Tolak R-PERPES Tentang Peran & Fungsi TNI Dalam Mengatasi Aksi Terorisme

Seperti biasanya membuat resep bumbu sate pada umumnya, Nita sapaan akrab Yunita, meramunya dengan bumbu dapur seperti bawang putih, petis hitam, kecap, dan kacang.

Tapi sebelumnya, kata Nita, bawang putih dan kacang digoreng terlebih dahulu, kemudian diblander.

“Usai kacang dan bawang diblander, lalu direbus dengan dicampur petis. Dan sate siap disantap,” ujarnya.

Jangan lupa, masih Nita, sehabis menyantap daging dagingan makanlah timun, buah buahan yang bisa menurunkan darah. Selamat mencoba (*)

Reporter: Rochman

Loading...

Tinggalkan Balasan