Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. (istimewa)

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Setelah dinyatakan tenggelam, kapal selam KRI Nanggala 402 telah ditemukan namun sudah menjadi 3 bagian. Hal itu diungkapkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Yudo Margono yang menyatakan bangkai KRI Nanggala 402 telah ditemukan 3 bagian.

Hasil tersebut berdasarkan pencarian yang dilakukan kapal selam milik Singapura, MV Swift Rescue.

Menurutnya, sebelumnya TNI menemukan adanya barang-barang yang diyakini milik KRI Nanggala. Kemudian KRI Rigel melaksanakan multibeam echosounder terhadap kontak bawah air.

“Disekitar posisi datum atau saat tenggelamnya KRI Nanggala pertama kali. Jadi di sana KRI Nanggala terbelah menjadi 3 bagian,” jelas Yudo saat konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

Karena peralatan KRI Rigel yang ROP-nya hanya mampu 800 sehingga diserahkan pada MV Swift Rescue yang mana bantuan dari Singapura, lalu diidentifikasi kontak tersebut oleh MV Swift Rescue pada 07.37 WITA.

Baca Juga  Taruna AAL Satlat KJK Latihan Praktek Prosedur VBSS di Bima Suci

Kapal selam Singapura itu, menurunkan Remotely Operated Vehicle (ROV) guna menindaklanjuti kontak bawah air laut yang telah diberikan oleh KRI Rigel. Alhasil, pada pukul 09.04 WITA, ROV yang diturunkan Singapura mendapatkan kontak visual pada posisi 07 derajat 48 menit 56 detik Selatan dan 114 derajat 51 menit 20 detik Timur.

Loading...

“Yaitu, letaknya dari datum 1 tadi tempat tenggelamnya KRI Nanggala berjarak kurang lebih 1.500 jam di Selatan pada kedalaman 838 meter ini terdapat bagian-bagian dari KRI Nanggala,” katanya.

Sebelumnya, telah dikabarkan jika sebanyak 53 awak kapal selam KRI Nanggala-402 dipasyikan meninggal dunia. Hal tersebut diungkapkan oleh Panglima TNI Hadi Tjahjanto. Menurutnya, dengan foto bawah laut yang diperoleh dari KRI Rigel dan Kapal Singapura MV Switf Rescue, semua kru kapal gugur.

Baca Juga  ISNU dan FRB Rogojampi Kolaborasi Layani Vaksinasi Gratis

“Dengan penuh kesedihan mendalam saya nyatakan 53 awak kapal yang on board telah gugur,” ujar Hadi saat konferensi pers, Minggu (25/4/2021).

Hadi menjelaskan, telah diperoleh citra yang telah dikonfirmasi sebagai bagian KRI Nanggala 402 meliputi kemudi vertikal belakang, jangkar, bagian luar badan tekan, kemudi selam timbul, bagian kapal yang lain termasuk baju keselamatan awak kapal NK-11

Berdasarkan bukti-bukti otentik tersebut, lanjut Jadi, dapat dinyatakan bahwa KRI Nanggala-402 telah tenggelam dan seluruh awaknya telah gugur.

“Semoga kami dapat meneruskan perjuangan paripurna saudara-saudara sebagai prajurit tentara terbaik Indonesia,” pungkasnya.(*)

Reporter: Eko/Rochman

Loading...
Berita sebelumyaKurang Diperhatikan Pemdes Sambimulyo, Komunitas Pemuda Samber Tetap Semangat Berbuat Kebajikan
Berita berikutnyaKRI Nanggala 402 Ditemukan di Kedalaman 838 Meter

Tinggalkan Balasan