Foto: Hidroponik Arek Kandangan Telu (ARKANLU)

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Sekolah Dasar Negeri (SDN) Kandangan 3 yang beralamat di Jalan Wisma Tengger XXI nomor 01 Surabaya melakukan budidaya tanaman dengan teknik hidroponik di sekolah.

Kegiatan tersebut sebagai salah satu upaya mengedukasi peserta didik untuk bercocok tanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah di sekitar halaman sekolah.

“Kita sejak tahun ajaran lalu sudah melakukan tanaman hidpronik ini,” ujar guru pendamping hidroponik, Dwi Retno Sari, pada Jumat (6/9/2019).

Teknik hidroponik ini, kata Dwi, menanam berbagai jenis sayuran, seperti sawi samhong, bayam belang, bayam hijau, bayam batik, selada merah, dan masih banyak lagi, setiap satu setengah bulan sekali dilakukan panen.

Baca Juga  Bawa Dokumen Dugaan Korupsi Anggaran Covid-19 Tahun 2020, FKLSM Lapor Kejari Jember

Kepala SDN Kandangan 3 Surabaya Suharti, S.Pd menjelaskan, usaha itu dilakukan para guru agar muridnya mendapat nutrisi cukup dan kesehatan yang lebih baik. Selain itu, sekolah tersebut juga sudah masuk kategori sekolah ramah anak.

Selain mengajarkan hidup sehat, lanjut Suharti, pihaknya juga inginkan muridnya kreatif membuat beragam olahan makanan dari sayuran.

“Kami ajak mereka (murid, Red) untuk melakukan kegiatan menanam hidroponik, mulai dari menanam, memanen hingga mengolahnya menjadi makanan,” urai Suharti.

Loading...
Semangat : Komandan Koramil 0830/06 Benowo Mayor Inf Hendi Eko Yono (tengah) bersama ibu-ibu dari RT 2 dan RT 4

Tidak hanya itu saja, seperti yang dilakukan Jum’at pagi lalu, Arek Kandangan Telu (ARKANLU) tampak sibuk memungut satu per satu tanaman bayam hidroponik tersebut.

Sementara itu, Komandan Koramil 0830/06 Benowo Mayor Inf Hendi Eko Yono dalam kunjungannya sangat mengapresiasi budidaya hidroponik yang ada di SDN Kandangan III Surabaya.

Baca Juga  Maling Rusun Sombo Dibekuk, Pelaku Asal Bunten Sampang

“Pembentukan karakter anak-anak sangat dibutuhkan, seperti bercocok tanam dan bertani. Ibarat gelas, kita isi air putih akan menjadi putih. Jika kita isi hitam akan menjadi hitam,” ujar Hendi.

“Yang dilakukan Ibu Suharti ini sebagai kepala sekolah SDN Kandangan III sangat luar biasa. Ini sebagai contoh. Siapa tahu kelak anak-anak ini menjadi Menteri Pertanian,” harap Hendi.

Reporter: Boy

Loading...
Berita sebelumyaKusbandono Aktivis Difabel Ikut Berburu Rekom Cabup PDIP Jember
Berita berikutnyaGempa M 4.8 Guncang Jember

Tinggalkan Balasan