Bupati terpilih, Ipuk Fiestiandani menerima salinan putusan dari Ketua KPU, Dwi Anggraini Rahman

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah ditetapkan sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi terpilih oleh KPU. Paslon nomer urut 2 itu mengaku lega paska gugatan Perselisihan Hasil Pemilu oleh rivalnya, Yusuf Widyatmoko dan Muhammad Riza Aziziy tidak diloloskan Mahkamah Konstitusi (MK).

Penetapan itu dituangkan dalam Keputusan KPU Banyuwangi Nomor 15/HK.03.1-Kpt/3510/KPU-Kab/II/2021 Tentang Penetapan Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati Terpilih Dalam Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Tahun 2020.

“Kita melaksanakan tahapan kita yang terakhir yaitu penetapan pasangan calon untuk Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi tahun 2020. Sesuai putusan MK kemarin tanggal 15 Februari bahwa gugatan dari pemohon itu ditolak. Maka hari ini di tanggal 18 kita bisa melaksanakan penetapan,” kata Ketua KPU Banyuwangi Dwi Anggraini Rahman di Hotel Santika, Kamis (18/2/2021).

Baca Juga  Kenang Perjuangan Pahlawan, Wagub AAL Hadiri AKRS Peringatan Hari Pahlawan
Loading...

Dwi menambahkan, telah menyerahkan SK serta Berita Acara (BA) penetapan kepada masing-masing paslon, DPRD, dan partai politik di Banyuwangi.

“Tugas kami mengawal hanya sampai pada penetapan. Untuk pelantikan itu menjadi ranah pemerintah daerah, DPRD dan Pemprov Jatim. Kemungkinan, informasi yang kami terima akhir Februari ini akan dilakukan pelantikan,” ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Pasangan Calon nomor urut 1, Yusuf-Riza diketahui tidak hadir. Sebelumnya KPU juga telah mengirimkan undangannya.

Sementara itu, Ipuk mengaku lega setelah melewati berbagai proses untuk bisa menjadi orang nomer 1 di Banyuwangi.

“Kita alhamdulilah lega, bersyukur ya, karena prosesnya cukup panjang. Kita tidak menyangka akan ada tahap tambahan harus ke MK. Tapi ini proses yang harus kita jalani dan mudah-mudahan menuju hari pelantikan semua berjalan lancar dan semuanya bisa berakhir dengan bahagia,” pungkas istri Abdullah Azwar Anas itu. (*)

Baca Juga  Ketua Ingkar Janji PPP Jember Pecah, 24 PAC Dirikan Forkompac
Loading...
Berita sebelumyaAdies Kadir Minta Kejaksaan Tak Ragu Tindak Tegas Pelaku Penyelewengan Bansos
Berita berikutnyaBhayangkari dan Persit Kartika Chandra Bersinergi Membantu Masyarakat di Posko Pengungsian

Tinggalkan Balasan