Kota Malang Peringati HUT ke-71 Provinsi Jatim

10
Kota Malang gelar Upacara HUT ke-71 Prov Jatim diikuti seluruh jajaran Forpimda setenpat

MALANG (kabarjawatimr.com) – Upacara Hari Jadi Provinsi Jawa Timur ke 71 berlangsung khidmat di depan Balai Kota Malang diikuti oleh semua PNS dan pejabat serta Forpimda Kota Malang.

Sutiaji, Wakil Walikota Malang yang bertindak sebagai Irup Upacara dalam membaca sambutan Gubernur Jawa Timur, Soekarwo menyatakan, Hari jadi Pemprov Jatim kali ini mengambil tema “Dengan Semangat Kerja Nyata, Mari Kita Mantapkan Jawa Timur Sebagai Provinsi Industri Berbasis UMKM,” Ujarnya, Rabu (12/10/2016).

Dalam acara tersebut dijabarkan sejarah panjang mengiringi perjalanan Jawa Timur mulai tahun 760 Masehi atau abad 8. Saat itu dikisahkan bermunculan kerajaan – kerajaan besar di Jawa Timur mulai dari kerajaan Kanjuruhan, disusul kemudian pada abad ke-10 jatim menjadi pusat kerajaan besar seperti mendaeng, kahuripan, dhaha janggala, singasari dan majapahit.

Loading...
Baca Juga  Gerakkan Ekonomi Masyarakat, Sandiaga Ingin Batik Banyuwangi Miliki Daya Saing

Pada abad 13 berdasarkan prasasti mulamanurung yaitu pusat keraton negara telah tersebutkan struktur pemerintahan yang tersusun dengan baik dan tersistem seperti struktur pemerintahan modern saat ini. Jawa Timur muncul saat pada saat kerajaan mataram Islam dengan sebutan Ban Wetan.

Jawa Timur dibentuk serta ditetapkan oleh PPKI dengan gubernur pertamanya Raden Tumenggunggung Suryo pada tahun 19 Agustus 1945 dan mulai menjalankan tugasnya pada tanggal 12 Oktober 1945 yang memulai tugas dan kewajibannya sebagai kepala pemerintahan akhirnya disepakati menjadi hari lahirnya Provinsi Jawa Timur.

Penulis : Mas Aris
Editor : Budi
Publisher : Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakTahanan Polsek Krembangan Meregang Nyawa
Artikulli tjetërCuri Motor Tamu Tetangga Kos, Warga Simo Pohaman Didor

Tinggalkan Balasan