Komisi C Cari Solusi Banjir di Surabaya

9

SURABAYA (KABARJAWATIMUR.COM) Komisi C DPRD Kota Surabaya mencari solusi penanganan banjir di Kota Surabaya. Selama beberapa hari ini tingkat curah hujan di kota Surabaya memang tergolong tinggi yang berdampak terjadi banjir di beberapa titik seperti Medokan Ayu, Penjaringan dan Pandugi.

Akibat banjir ini membuat beberapa permukiman warga tergenang air yang masuk ke rumah. Untuk mencari solusi penanganannya, Komisi C yang membidangi pembangunan dan lingkungan ini menggelar hearing dengan Dinas terkait dan Bappeko Kota Surabaya, Rabu (15/06/2022).
“Banjir di daerah Medokan Ayu dan sekitarnya disebabkan intensitas hujan yang cukup tinggi dan lama,” kata Sekretaris Komisi C DPRD Kota Surabaya, Agoeng Prasojo.
Kondisi hujan ini diperparah pada pagi harinya terjadi banjir rob yang membuat air laut pasang. Disebutkan, di kawasan tersebut sungai biasanya air mengarah di Bibis Karah dan ditambah air laut terjadi rob. Sehingga genangan air membuat lama surut.
Hal ini ditambah lagi air yang mengarah ke tambak dibuka sehingga air laut dan air hujan mengarah ke Bibis Karah dan meluber ke pemukiman warga. Saat kejadian banjir, warga belum sempat menyelamatkan barang barangnya. Banjir tersebut datang sangat cepat.
Sebagai upaya antisipasi banjir, pihaknya mengusulkan agar Pemkot Surabaya menambah pembangunan boozem. “Insya Allah kalau sudah dibuatkan boozem tidak terjadi banjir lagi,” tambahnya.
Usulan penambahan boozem ini bisa dibangun di sekitaran jembatan Yasa. Dimana di lokasi itu ada lahan konservasi yang bisa dimanfaatkan. Pemkot bisa melakukan pembebasan lahan untuk mendukung pembangunan boozem tersebut.
Lokasi lain yang dinilai perlu dibangun boozem yakni di kawasan Ketintang. Dilokasi ini bisa menjadi solusi genangan air yang kerap melanda di kawasan Kebonsari, Pagesangan dan Jambangan.
Solusi penganan banjir lainnya yakni dengan membuat dan menambah sungai buatan. Tujuannya untuk menampung air. (KJT)
Loading...
Baca Juga  DPRD Lamongan Gelar Rapat Dengar Pendapat Terkait Pupuk Subsidi
Artikulli paraprakDamkar Bojonegoro Gerak Cepat Bersihkan Material Lumpur di Jalanan
Artikulli tjetërWisudawan XlX SMK Teknik PAL Surabaya,Diterima Perusahan Sebelum Lulus

Tinggalkan Balasan