Komisi A Dorong Pemkot Hasilkan Program Inovatif

44
Fatkur Rohman, anggota DPRD Kota Surabaya.

SURABAYA (Kabarjawatimur.com) – Anggota Komisi A DPRD Surabaya, Fatkur Rohman berharap program inisiasi Pemerintah Kota Surabaya bersama sembilan perguruan tinggi terus dipacu dan dimaksimalkan. Terutama program Merdeka Belajar Kampus Merdeka – Administrasi Kependudukan (MBKM-A) yang belum lama ini digulirkan.

“Program tersebut memiliki tujuan yang positif. Selain meningkatkan kompetensi mahasiswa dan dosen dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat, juga dapat mengoptimalkan kualitas layanan administrasi kependudukan milik Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil,” ujar politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Jumat (8/4).

Menurutnya, dengan adahya masukan-masukan itu agar program tersebut menjadi tantangan bagi pemkot dan perguruan tinggi untuk lebih berinovasi.

“Pastinya Pemkot Surabaya punya banyak impian yang belum terlaksana. Misalnya, bagaimana membuat Sistem Informasi Pelayanan Kelurahan (SIPK) sebagai implementasi konsep smart city di level kelurahan. Ini akan jadi tantangan yang seru bagi pemkot dan mahasiswa untuk menguji ilmunya, tentunya dengan bimbingan para dosen,” beber Fatkur.

Loading...
Baca Juga  Kapolsek Baru Harapkan Kekompakan Layani Masyarakat Kedungadem

Ia menilai, jika pemkot serius menggarap program tersebut menjadi sesuatu yang menantang, maka akan menjadi sinergi yang saling bermanfaat dan perlu dikonsolidasikan secara intensif dengan perguruan tinggi.

“Saya yakin, di Bappeda Litbang Surabaya masih ada banyak list penelitian yang sedang dikerjakan, seperti tata kelola pemerintahan, tren digitalisasi, smart city, social problems, ekonomi kreatif, dan lain-lain,” sambung mantan Ketua DPD PKS Surabaya ini.

Masih kata Fatkur, ini sekaligus menjawab impian pemkot ke depan yang terkoneksi dengan kebutuhan dunia usaha.

“Kalau mereka magang di pemkot dan ternyata mereka justru terpanggil membantu pemkot mewujudkan ide Surabaya yang lebih baik, kan menarik. Bukan tidak mungkin pascalulus mereka akan mendaftar ke pemkot, dan ini luar biasa,” tandasnya.

Baca Juga  Warga Antusias, BINDA Jatim Bersama Dinkes Bojonegoro Gelar Vaksinasi

Sementara itu, Sandi, mewakili BPBJAP Surabaya menuturkan, program kerja sama dengan perguruan tingga tak hanya dikembangkan di dispendukcapil, namun juga bersama OPD yang lain.

“Segera kami komunikasikan kepada pimpinan terkait ide tersebut dan akan menjadi bahan diskusi kami untuk berkomunikasi dengan perguruan tinggi,” ucap Bu Sandi. (*/IBAD)

Loading...
Artikulli paraprak6 Rekomendasi Kado Pernikahan Terbaik untuk Pasangan yang Baru Menikah
Artikulli tjetërNarkoba Senilai Setengah Miliar Diungkap Polresta Banyuwangi

Tinggalkan Balasan