SURABAYA, (Kabarjawatimur) – Prestasi kembali diukir Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL), kali ini mereka meraih Juara 1 dan 2 kategori Essay dan Juara 3 kategori Newscasting diajang Asian Law Students’ Association (ALSA) English Contest 3.0 tahun 2021 yang digelar Universitas Brawijaya Malang secara daring yang berakhir kemarin petang.

“Alhamdulillah, keren banget, para Taruna AAL telah menunjukan kemampuanyan, berjuang tak kenal lelah di empat kategori yang dilombakan dalam ALSA English Contest 3.0,” terang Kepala Departemen Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Kadepiptek) AAL, Letkol Laut (KH) Ir. Said Masykur, M.A.P mewakili Gubernur AAL, Mayjen TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) saat mendampingi Taruna di Labsa Galasa, Depiptek, Kesatrian AAL Bumimoro, Surabaya.

Menurut Kadepiptek AAL, diajang ALSA English Contest 3.0 yang berlangsung dari 27-29 Agustus 2021 ini, AAL menurunkan 19 Tarunanya di 4 kategori yang dilombakan yakni 6 Taruna di kategori Debate (Debat Bahasa Inggris), 6 Taruna di kategori Speech (Pidato Bahasa Inggris), 4 taruna di kategori Newscasting (Siaran Berita Bahasa Inggris) dan 2 orang di kategori Essay (Esai Bahasa Inggris).

Baca Juga  Menteri Kelautan dan Perikanan RI Kunjungi Pulau Lumpur Sidoarjo, Siapkan Anggaran Untuk Mengelolanya

Dikategori Essay, AAL meloloskan tiga Tarunanya di babak final yakni Sermatutar (M) Sandy Adi P, Sermatutar (P) Dani Christovel Sainguara dan Sertar (S) Aditya Yuswanto Putra.

Loading...

Dinomor ini Juara 1 diraih Sermatutar (M) Sandy Adi P dengan judul “The Challenges of Augmented Reality Technology Design to Enhance Warfare and Training”, Juara 2 diraih Sermatutar (P) Dani Christovel Saing dengan judul “The Importance of Big Data-Based Technology on C4ISR in Integrating Indonesian Maritime Security Data to Safeguard The Security of Indonesian Waters” dan juara tiga diraih Josevine dari UKI.

Kemudian satu nomor lagi diraih Taruna AAL di kategori Newscasting. Dari empat Taruna yang ikut lomba, dua Taruna masuk babak final yaitu, Sermatutar (E/W) Annisa Riski dan Sertar (S) Daniel Sintong P. Sitompul, dimana Daniel berahasil Juara 3, sementara itu Juara 1 diraih Ewaldo Khalil dari Pramadanov univ. Brawijaya dan Juara 2 diraih Amirah Dinda Azzahra dari Universitas Brawijaya Malang.

Baca Juga  Viral! Video Tawuran Rebutan Berkat saat Peringatan Maulud Nabi

Sedangkan di kategori lomba Debate dan Kategori Speech AAL belum mendapatkan nomor. Kategori Debate 1st Winner : EINHEIT, 2nd Winner : HRD UGM, 3rd Winner : KDMI, sedangkan kategori Speech, 1st Winner : Alisha Armelle Putri Sunil Mirpuri UKI, 2nd Winner : Denisha Wahyuni Dekaputri Univ Indonesia dan 3rd Winner : Andre Alva Miracle Taroeh Telkom University.

AAL lanjut Kadepiptek, selalu mendorong para Tarunanya untuk ikut di berbagai ajang kompetisi akademik untuk menguji dan mengukur tingkat intelektualitas dan keberanian para Taruna untuk tampil dan bersaing sehat dengan rekan mahasiswa dari berbagai universitas ternama, termasuk di ajang ALSA English Contest ini yang telah dilaksanakan sejak tahun 1995.

Hal ini lanjutnya, sejalan dengan Program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul. (*)

Loading...
Berita sebelumyaLanjutkan Etape ke-4, Taruna AAL Satlat KJK 2021 Bersama KRI Bima Suci Menuju Raja Ampat
Berita berikutnyaJaga dan Tingkatkan Imunitas Tubuh, Gubernur AAL Ajak Gowes Santai dan Woodball

Tinggalkan Balasan