Kepala BPBD Jember dan Kabidnya Penuhi Panggilan Polisi

121
Kepala BPBD Jember, M Jamil dan Kabidnya Penta Satria

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Kepala BPBD Jember dan Kabid Kedaruratan Logistik mendatangi di ruang penyidikan Tipikor Mapolres Jember, Senin (30/8/2021).

Kedua pejabat tersebut Kepala BPBD Muhammad Jamil dan Kabidnya Penta Satria datang ke Mapolres Jember sekitar pukul 10.00 WIB. Keduanya terlihat menuju ruang penyidikan unit tipikor di lantai dua Mapolres Jember.

Keduanya dipanggil polisi untuk dimintai keterangan terkait honor kegiatan pemakaman yang diambil dari anggaran penanganan Covid-19 yang melekat di BPBD Jember. Honor kegiatan tersebut diduga mengalir kepada Bupati, Sekda, k
kepala BPBD dan salah seorang Kabid yang besarnya Rp 70,5 juta per orang.

Kasat Reskrim AKP Komang Yogi Arya Wiguna, saat ditemui awak media menjelaskan pemanggilan kedua pejabat tersebut kelanjutan dari penyelidikan dugaan penyelewengan anggaran Covid-19. Sebelum kedua pejabat tersebut, polisi pada hari Jumat lalu (27/8/2021) telah memanggil Bendahara BPBD Siti Fatimah.

Baca Juga  Pembunuhan di Jember, Berawal Permintaan Servis TV dan Pinjam Uang

“Informasi dugaan penyelewengan pengelolaan anggaran Covid-19 (Jember), sementara masih rangkaian Penyelidikan dan pengambilan bahan keterangan. Kami mohon waktu untuk melakukan proses giat penyelidikan, sehingga nanti bisa Maksimal teknis-teknis penyelidikan ini,” kata Yogi saat dikonfirmasi di Mapolres Jember.

“Hari ini yang datang dari BPBD (Jember), yang jelas setelah hasil pemeriksaan ada giat-giat penyelidikan berikutnya, dan lanjut ke gelar perkara,” sambungnya.

Loading...

Yogi juga menyampaikan, penyidik telah mengamankan sejumlah dokumen dari kantor BPBD dan memeriksa sejumlah saksi lainnya.

“Untuk sementara selain (pemeriksaan) saksi, dokumen ada yang kami ambil (dari BPBD Jember), dan (dilakukan) analisa. Sementara masih proses pendalaman kegiatan ini. Untuk dokumen yang berkaitan dengan pengelolaan anggaran pemakaman tersebut,” ujarnya

Baca Juga  Botol Bekas Permen Antar Pria di Surabaya ke Penjara

“Rangkaian-rangkaian ini kita maksimalkan. Kita masih proses penyelidikan,” sambungnya.

Saat ditanya apakah nantinya Bupati Jember Hendy Siswanto juga akan ikut diperiksa, Yogi tidak menjawab dengan tegas.

“Nanti kita informasikan lebih lanjut. Penyelidikan ini untuk mengungkap fakta-fakta yang ada,” jawabnya singkat.

Sekitar pukul 12.28 WIB, Plt. Kepala BPBD Jember M. Jamil dan Kabid 2 Penta Satria tampak keluar dari dalam Ruang Penyidik Unit Tipikor Satreskrim Polres Jember.

Saat dimintai penjelasan soal pemeriksaan yang dilakukan. Plt. Kepala BPBD Jember M. Jamil hanya memberikan jawaban singkat.

“Masih istirahat, nanti ada pemeriksaan lagi,” jawabnya singkat.

Sebelum berita ini ditulis awak media mendapat informasi kedua pejabat tersebut akan kembali dimintai keterangan hari Selasa esok (31/8/2021) sekitar pukul 09.00 WIB. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Berita sebelumyaBupati Jember Minta Maaf
Berita berikutnyaPPKM Jawa-Bali Kembali Diperpanjang Hingga 6 September

Tinggalkan Balasan