Kenalkan Potensi Hasil Bumi, Pokmas Shoberoh Gratiskan Ratusan Liter Legen

25
Warga saat menikmati minuman legen gratis di Kampung Legen Shoberoh, Dalegan, Panceng, Gresik.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Sebagai upaya mengenalkan potensi hasil bumi dari pohon siwalan, Kelompok Masyarakat (Pokmas) Dusun Shoberoh, Desa Dalegan, Kecamatan Panceng, Kabupaten Gresik membagikan ratusan minuman legen secara gratis, pada Minggu (15/5/2022).

Pada momen minum legen sepuasnya ini, panitia sengaja menyediakan 500 liter legen gratis. Agar mudah disajikan, minuman khas ini dimasukkan ke dalam wadah galon. Adapula es batu dan gelas kosong.

Abdullah Hanif, salah satu pengunjung mengaku, sengaja datang mengajak istrinya lantaran penasaran dengan rasa legen yang baru diambil dari pohon.

“Ternyata rasanya segar dan nikmat. Apalagi legennya dikasih es batu,” ujar Warga Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah ini, Minggu (15/5/2022)

Loading...
Baca Juga  PT PJB MoU Dengan Kabupaten Ponorogo Jalin Pemanfaatan FABA

Sementara itu, Kepala Dusun Shoberoh, Suherman yang sekaligus Ketua Panitia mengatakan, meski baru pertama kali diadakan, namun antusias masyarakat begitu tinggi.

“Tidak sampai 3 jam minuman 500 liter legen ludes diserbu pengunjung,” ujar Suharman.

Selama ini, kata Suharman, Dusun Shoberoh dikenal sebagai Kampung Legen. Sebab, sebagian besar mata pencaharian warga sebagai petani pohon siwalan. Untuk itu, Pokmas Kampung Legen mengadakan minum legen bareng.

“Kami berharap dengan banyaknya masyarakat yang tahu, maka penjualan legen semakin banyak dan ekonomi masyarakat semakin meninggat,” harapnya.

Untuk harga 1 liter legen sendiri biasanya dijual 8 ribu rupiah. Selain bisa menghasilkan legen, pohon siwalan juga memiliki buah ental yang sangat lezat. (*)

Baca Juga  Umur Jembatan Klungkung Jember Bisa 100 Tahun

Reporter : Azharil Farich

Loading...
Artikulli paraprakTambah Dua Lagi, Sudah Delapan Napiter di Jatim Bebas Selama 2022
Artikulli tjetër21 WBP di Jatim Peroleh Remisi Waisak

Tinggalkan Balasan