Kenali Fungsi dan Cara Memilih Polis Asuransi Mobil

0
Mobil kesangan anda perlu dilakukan perlindungan dengan mengikut sertakan asuransi mobil

Untuk melindungi kendaraan kesayangan dari beragam risiko, penting bagi pengendara memiliki daftar polis asuransi mobil. Dengan cara seperti ini, Anda tidak perlu khawatir jika kendaraan mengalami kerusakan karena akan dilindungi oleh asuransi.

Polis asuransi mobil merupakan kesepakatan atau perjanjian tertulis yang dibuat antara pihak tertanggung (klien) dan penanggung (perusahaan asuransi) terkait ketentuan-ketentuan yang berhubungan dengan perlindungan dan segala risiko mengenai mobil di waktu yang akan datang.

Salah satu bagian terpenting polis asuransi adalah besaran premi yang harus dibayarkan dalam waktu tertentu. Secara sederhana, polis asuransi ini sering juga disebut sebagai kontrak atau surat perjanjian asuransi.

Sebelum memilih polis asuransi, mari cek asuransi mobil selengkapnya, fungsinya, dan cara memilih polis asuransi yang tepat:

Mengenal Polis Asuransi Mobil

Asuransi mobil merupakan jenis asuransi yang memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami kerusakan, baik rusak parah atau hanya sekedar lecet hingga hilang.

Tidak memberikan ganti rugi saja, asuransi juga memberikan manfaat tambahan lainnya berupa penggantian kerusakan akibat banjir, kerusuhan hingga bencana alam. Manfaat tambahan ini bisa kamu peroleh ketika kamu membeli asuransi rider atau tambahan.

Polis asuransi merupakan dokumen legal yang mengikat bagi pemegang polis atau nasabah dan perusahaan asuransi dalam satu perjanjian tertulis.

Dalam perjanjian tersebut memuat berbagai hal yang harus ditaati oleh kedua belah pihak mulai dari syarat, hak dan kewajiban masing-masing pihak hingga ketentuan dari prinsip kerja asuransi yang dijalankan.

Setelah memegang polis asuransi nasabah memiliki kewajiban untuk membayar premi setiap bulan dan perusahan juga berkewajiban untuk memberikan ganti rugi jika kendaraan mengalami masalah selama polis masih berlaku.

Fungsi Polis Asuransi Mobil

Penting sekali untuk Anda selaku nasabah dan bagi perusahaan asuransi memahami keseluruhan isi polis asuransi mobil. Hal ini dilakukan menghindari kerugian di masa mendatang akibat ketidakpahaman isi polis yang dipilihnya.

Baca Juga  Peringati HUT RI ke-77 FIFGROUP Gelontor 17.845 Paket Sembako Senilai Rp 3,56 M

Sebab, jenis polis memiliki syarat, ketentuan dan manfaat yang berbeda-beda. Misalnya, dalam polis asuransi mobil All Risk, menawarkan perlindungan secara menyeluruh. Namun, nasabah harus membayar premi yang jauh lebih besar dari jenis polis asuransi lainnya.

Polis asuransi memiliki fungsi yang berbeda untuk pemegang polis dan perusahaan asuransi:

Fungsi Polis bagi Nasabah Pengguna Asuransi (Tertanggung)

Sebagai nasabah pengguna asuransi, Anda harus mengetahui apa saja fungsi polis asuransi mobil, yaitu:

Loading...
  • Menjadi bukti tertulis atas jaminan penanggungan berbagai risiko dan penggantian kerugian yang mungkin terjadi pada tertanggung yang tertulis dalam polis.
  • Sebagai bukti pembayaran premi yang dibebankan oleh pihak perusahaan asuransi mobil
  • Menjadi bukti otentik untuk menuntut perusahaan asuransi jika suatu saat terjadi kelalaian dalam memenuhi jaminan yang menjadi hal nasabah.

Fungsi Polis bagi Perusahaan Asuransi (Penanggung)

Sementara itu, bagi perusahaan asuransi, polis asuransi mobil berfungsi sebagai:

  • Bukti tanda terima atas premi asuransi yang telah dibayarkan oleh nasabah
  • Bukti tertulis atas jaminan yang diberikan kepada tertanggung
  • Bukti otentik untuk menolak tuntutan klaim yang diajukan oleh tertanggung jika tidak bisa memenuhi syarat polis.

Cara Memilih Polis Asuransi Mobil

Terdapat banyak pilihan polis untuk asuransi mobil yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan mobil.

Meski begitu, Anda harus bisa memilih jenis polis asuransi mobil yang terbaik agar bisa mendapatkan manfaat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan.

Berikut ini cara untuk memilih polis asuransi yang tepat:

1. Pilih yang Sesuai Kebutuhan

Sebelum memilih jenis asuransi, pahami dulu polis dan manfaatnya agar Anda selaku nasabah bisa memilih jenis asuransi mobil yang sesuai dengan kebutuhan kendaraan kesayangan.

Baca Juga  Project Agrosolution Petrokimia Dongkrak Hasil Panen Benih Kangkung di Gresik

Selain itu, perhatikan pula besaran premi yang harus dibayar dan pastikan memilih yang sesuai bujet.

2. Pahami Syarat-syarat yang Ditentukan Polis

Perhatikan dan pahami syarat dan aturan yang tertera dalam surat perjanjian polis asuransi mobil. Cara ini penting dilakukan agar bisa menentukan apakah pengajuan polis Anda akan diterima atau tidak.

Selain itu, akan menghindarkan kesalahpahaman karena tidak memerhatikan aturan yang tertera pada polis dengan teliti.

3. Bandingkan Harga Premi dengan Layanan yang Diberikan

Untuk mendapatkan polis asuransi mobil terbaik yang sesuai kebutuhan, sebaiknya bandingkan beberapa pilihan polis sebelum memilihnya. Sebab, saat ini premi asuransi memang sudah diatur oleh OJK, akan tetapi untuk fitur dan layanan bisa saja berbeda.

4. Memiliki Bengkel Rekanan yang Luas

Asuransi mobil yang bagus dan menguntungkan biasanya memiliki rekanan bengkel yang luas yang membantu nasabah bisa melakukan perbaikan di mana saja dengan mudah.

Sehingga, tetap bisa melakukan klaim dengan mudah meski Anda berada di luar kota dan jauh dari wilayah tempat daftar asuransi.

5. Bandingkan Polis Asuransi Mobil dari Berbagai Perusahaan Asuransi

Langkah yang tak kalah penting agar Anda mendapatkan jenis polis yang paling sesuai kebutuhan dan dengan biaya premi yang paling murah adalah membandingkan polis dari berbagai perusahaan asuransi sekaligus.

6. Cari Asuransi Mobil Pihak Ketiga

Memilih polis asuransi juga perlu dilengkapi dengan asuransi mobil pihak ketiga yang akan memberikan ganti rugi jika terjadi risiko kecelakaan atau masalah yang melibatkan pihak ketiga.

Dengan begitu, ketika Anda tanpa sengaja menabrak mobil orang lain, maka biaya kerusakan korban akan ditanggung oleh pihak asuransi. (KJT)

Loading...
Artikulli paraprakOtopsi Korban Bunuh Diri di Polsek Tambaksari Tak Diijinkan Istri

Tinggalkan Balasan