Kelana Dinobatkan Ketua Paranporo Majukan Kiprah Seniman Budaya Lokal

41

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Penobatan Kelana Aprilianto sebagai ketua Paranporo (pemerhati seni) dianggap mampu dan kompeten memajukan kiprah pembinaan, pengembangan, dan pelestarian seni budaya tradisional, Sabtu (15/7/2017).

“Keberadaan paranporo ini senantiasa mempunyai peran vital bagi para seniman tradisioanal untuk bersatu melakukan hal peningkatan pendidikan dan latihan LKBDU (Latihan Ketrampilan Berbicara di Depan Umun). Untuk itu kami menggandeng keluarga besar sanggar makutho yang beranggotakan 2000 seniman lokal dengan berbagai kemampuan di bidang seni,” ujar Kelana kepada wartawan usai dinobatkan sebagai ketua Paranporo Jawa timur di Gedung Srimulat Taman Hiburan Rakyat (THR) Surabaya.

Hiburan-seni-wayang-kulit-yang-menampilkan-3-dalang-sehari-malam-acara-penobatan-paranporo.jpg
Hiburan-seni-wayang-kulit-yang-menampilkan-3-dalang-sehari-malam-acara-penobatan-paranporo.jpg

Kelana menambahkan, perlunya pemahaman peran Paranporo dunia seni budaya di jawa Timur ini juga sebagai landasan dasar dalam berorganisasi, bernegara dan bermasyarakat. Dirinya mengajak seluruh seniman budaya meningkatkan peran masing-masing mewujudkan jati diri adiluhung bangsa yang bermartabat lewat karya seni.

Loading...
Baca Juga  Jelang Pemilu 2024, Bojonegoro Gelar Seminar Politik Bagi Pemilih Pemula

Lebih lanjut kelana juga mempersiapkan agenda gebrakan segera mengadakan upacara ruwatan massal yang sudah 24 tahun berjalan, yang tepat pada tanggal 15 Oktober 2017.

“Insya Allah agenda rumatan massal mendatang berupaya memecahkan rekor MURI di Surabaya. Terutama di THR ini, tempat dimana sebagai wadah lahirnya seniman Jawa Timur sekaligus lokasi kawah candradimuko seperti pelaku seni wayang kulit, ludruk, ketoprak, dan masih banyak lagi jenis seni yang mengikuti modernisasi zaman layak dinikmati masyarakat luas semua kalangan,,” pungkasnya.

Pengundian-hadiah-doorprize-bagi-pengunjung-acara-penobatan-paranporo.jpg
Pengundian-hadiah-doorprize-bagi-pengunjung-acara-penobatan-paranporo.jpg

Untuk diketahui, peran Paranporo ini juga dikenal sebagai ‘Wong Agung’ dalam bahasa Jawa. Dan sebagai bentuk wujud nyata, kegiatan penobatan Paranporo Jatim langsung dikukuhkan pimpinan keluarga besar sanggar Makutho, bapak Parwoto.

Baca Juga  Masuk Kamar Kost Cewek, Ini yang Dilakukan Pria Surabaya

Acara juga dihibur seni tradisional tontonan wayang kulit sehari malam sembari menunggu pengundian aneka hadiah doorprize (1unit sepeda motor, 2unit kulkas, 3 unit sepeda gunung, 5 unit handphone, 5unit kompor gas, 5unit rice cooker, 10unit kioas angin dan 10unit dispenser) bagi pengunjung yang berada di lokasi kegiatan.

Penulis : Jefri
Editor : Budi
Publisher: Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakPemkab Bojonegoro Gelontor DAK Rp 44,9 M
Artikulli tjetërAntisipasi Tindak Kejahatan, Polsek Trucuk Giatkan Patroli

Tinggalkan Balasan