Kebutuhan Hewan Qurban Meningkat 10-20 Persen

Suasana lapak penjualan hewan kurban

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Permintaaan hewan qurban tahun ini meningkat 10-20 persen jelang Hari Raya Idul Adha .

“Secara jumlah untuk hewan qurban sapi dari tahun sebelumnya melayani 30 ekor, sementara kambing 45 ekor dari masing-masing lapak, kalau dari segi harga naik Rp 1,5-2juta per ekor sapi” ujar pedagang hewan qurban yang akrab disapa Khaji Muhammad Hasin, di lapak hewan qurban di Kerto Menanggal, jl-A.Yani, Surabaya, Senin (5/9/2016).

Suasana lapak penjualan hewan kurban
Suasana lapak penjualan hewan kurban

Dikatakan Khaji Muhammad, untuk daya beli masyarakat terhadap hewan qurban memang mengikuti harga pasar per kilogram harga daging dan berat hidup sapi maupun kambing. Di hari kedua ini, sebutnya sudah melayani pembelian sapi sebanyak 8 ekor sapi. Untuk target tahun ini, sengaja didatangkan bisa mencapai 100 ekor sapi dan kambing di kisaran angka 50 ekor.

Loading...

“Target biasanya mengikuti pembelian dari konsumen. Sebab tahun sebelumnya sapi lebih banyak didatangkan di lapak. Untuk Jenis Sapi Madura lebih mendominasi permintaan,” terangnya.

Tak hanya itu saja, menurut pria yang familiar dengan panggilan abah ini juga menguraikan dari segi kesehatan hewan qurban. Misalnya, bentuk princilan sapi ada yang ganda dan tunggal menentukan kesempurnaan secara fisik.

Berbeda dengan sapi Santori, imbuh abah memang sengaja diperuntukkan untuk konsumsi kebutuhan sapi potong yang diambil dagingnya. Sedangkan lapak penjualan hewan kurban ini bekerjasama dengan Lembaga Perekonomian Nahdlatul Ulama (LPNU).

“Secara islamiyah sesuai dengan anjuran firman Allah SWT dalam QS al-An’am:162-163, hewan qurban istilah fiqih disebut juga udhliyyah nama hewan yang disembelih pada hari iedul adlha yang semata diperuntukkan sebagai pelebur dosa setiap umat Islam agar terbiasa ikhlas perkataan, pebuatan dan amalnya murni karena Allah SWT,” kutipnya sembari berpesan agar semua laiknya umat Nabi Muhammad SAW mengikuti taladan dan seruan yang diperintahkan-Nya.
Penulis.   : Jefri Yulianto, Editor      : Budi, Publisher : Gunawan

Loading...
Berita sebelumyaMahasiswa Unair Asal NTT Dijambret, Korban Melawan, Pelaku KO
Berita berikutnyaKRI Sultan Hasanuddin Ikuti Latma di Australia

Tinggalkan Balasan