Kasarmatim Pimpin Peringatan Hari Nusantara

23

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Kepala Staf Koarmatim (Kasarmatim) Laksamana Pertama TNI I.N.G. Ariawan, S.E., M.M., mewakili Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda TNI Darwanto, S.H., M.A.P., memimpin jalannya upacara peringatan Hari Nusantara (Harnus) tahun 2016, bertempat di Dermaga Madura Koarmatim, Ujung Surabaya. Selasa, (13/12/2016).

Dalam pidato Menteri Kelautan dan Perikanan RI yang dibacakan oleh Kasarmatim menyampaikan bahwa, bertepatan pada tanggal 13 Desember kita memperingati Hari Nusantara yang terselenggara untuk memperingati Deklarasi Djoeanda yang dicetuskan tanggal 13 Desember 1957 oleh Perdana Menteri Djoeanda Kartawijaya.

Lanjutnya, momen Hari Nusantara selain bertujuan untuk mengingatkan kembali tentang jati diri bangsa Indonesia sebagai bangsa bahari yang hidup di negara kepulauan bercirikan nusantara.

Loading...
Baca Juga  BKD Desa Tlogoagung Jadikan Jalan Alternatif Bojonegoro - Lamongan Nglenyer

Juga dimaksudkan untuk mengubah mindset terhadap ruang hidup dan ruang juang dari matra darat menjadi matra laut, serta meningkatkan pemahaman wawasan kelautan kepada masyarakat. Hal ini tentunya ditujukan untuk mewujudkan Indonesia menjadi negara maritim yang mampu mengelola potensi sumber daya alam.

Peringatan Hari Nusantara tahun 2016 yang mengambil tema, “Tata kelola potensi maritim nusantara yang baik menuju poros maritim dunia”. Puncak acara Harnus 2016 diselenggarakan di Kabupaten Lembata Provinsi Nusa Tenggara Timur.

“Tidak hanya sekedar seremonial saja, tetapi juga menjadi model pembangunan terintegrasi bagi kepulauan terluar atau terpencil, yang merupakan wujud sinergitas program kementrian/ lembaga dalam pembangunan kelautan”, ujar Menteri yang juga selaku Ketua Harian Dewan Kelautan Indonesia.

Baca Juga  Diguyur hujan abu vulkanik, PMI Jember Bagikan 500 Masker

Adapun pejabat yang hadir diantaranya, Irarmatim Kolonel Laut (P) Eko Gudhi Wahyono, S.Sos., para Pejabat Utama Koarmatim, para Komandan Satuan Jajaran Koarmatim, dan Komandan Unsur yang berada di Pangkalan, serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Koarmatim.

Reporter: Ekoyono, Editor: Budi, Publisher: Gunawan

Loading...
Artikulli paraprakWarga Kenjeran Tewas Terseret Ombak Pantai Sendiki
Artikulli tjetërTerkendala Cuaca, Pencairan Korban Selfie Dihentikan

Tinggalkan Balasan