Kapolrestabes Minta Pelaku 3C Harus Ditindak Tegas

9

SURABAYA (kabarjawatimur.com) – Kapolrestabes Surabaya Kombes Pol Mohammad Iqbal meminta anggotanya betindakan tegas dan terukur dalam melakukan penindakan ke penjahat di Kota Pahlawan, khususnya pelaku 3C (Curat, Curas dan Curanmor).

Iqbal menegaskan, anggotanya harus bersikap tegas dan diperbolehkan menembak mati penjahat jika pelakunya tersebut mengancam jiwa anggota dan masyarakat.

“Sifatnya overmark (ancaman seketika) dan itu menjadi pilihan anggota untuk melindungi dirinya sendiri dari ancaman.  Bukan atas perintah,” kata Iqbal kepada kabarjawatimur.com di Mapolrestabes, Selasa (20/12/2016).

Loading...

Mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menambahkan, jika penjahat tersebut akan membacok, menembak dan membahayakan nyawa, maka anggota harus menembak, meski penjahat itu mati. Demikian juga jika nyawa masyarakat diancam penjahat, polisi harus melakukan tindakan tegas.

Baca Juga  Sambil Bawa Kambing, Aliansi WC Gresik Desak Oknum DPRD Terlibat Pernikahan Nyeleneh Ditindak Tegas

“Jangan ragu-ragu melakukan tembakan tegas dan terukur pada penjahat, jika itu mengancam jiwa anggota dan masyarakat,” tegas Iqbal.

Polisi juga jangan asal menembak penjahat. Misalnya, jika ada penjahat melarikan diri jangan langsung ditembak, namun terlebih dahulu  dikejar. Baru kalau mengancam dilakukan tembakan.  Cara tersebut sudah formulasi polisi di dunia. Kalau kabur kejar sampai tertangkap, kalau ditembak tindakan itu salah.

Sementara Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya AKBP Shinto Silitonga mengatakan, pihaknya terus memerangi aksi kejahatan yang ada di Surabaya khususnya Pelaku kejahatan Curat, Curas dan Curamor.

“Petugas terus berusaha untuk melakukan penekanan angka kejahatan, seperti Curanmor dan kejahatan lain,” jelas Shinto.

Reporter: Ekoyono, Editor: Budi, Publisher: Gunawan

Baca Juga  Ingat, Operasi Patuh Semeru 2022, Ada Puluhan Kendaraan Tilang ETLE Mobile

 

Loading...
Artikulli paraprakJelang HUT Satpam Ke-36, Gelar Penyegaran di Mapolres Bojonegoro
Artikulli tjetërDukung Pengelolaan Dana Abadi Migas

Tinggalkan Balasan