Kapolres Ajak Masyarakat  Nguri-Nguri Kebudayaan Jawi Jemparingan Mataraman 

34
Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana melepas busur panah sebagai bentuk kehormatan pada kompetisi Jemparingan.

MAGETAN (Kabarjawatimur.com) – Kapolres Magetan AKBP Yakhob Silvana Delareskha menghadiri kegiatan kebudayaan yang digelar kelompok sadar budaya Jemparingan dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, dan DIY lewat kompetisi jemparingan untuk memperebutkan Piala Dandim 0804/Magetan.

“Sudah kewajiban kita bersama untuk melestarikan budaya leluhur, salah satunya adalah jemparingan, olahraga khas memanah dari Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat dengan gaya bersila khas Mataram,” ujar Kapolres Yakhob Silvana disela kegiatan.
Lanjut kapolres, Bumi Mageti sebagai salah satu wilayah yang dulunya termasuk dalam trah Mataraman, yang tentu erat hubungannya dengan budaya adiluhung yang sarat seni dan jaya kawijayaannya.
Sementara itu, Dandim 0804 Letkol Inf. lsmulyono Tri Widodo dalam sambutannya berpesan, diharapkan kompetisi kali ini bisa dijadikan ajang silahturahmi para pegiat jemparingan dari berbagai daerah, terutama daerah Mataraman.
Bupati Magetan yang turut hadir dalam acara kali ini mengungkapkan apresiasinya terhadap berbagai pihak yang telah saling bantu sehingga kejuaraan jemparingan ini mampu terlaksana di Magetan.
“Bentuk rasa bersyukur untuk yang terlahir sebagai Orang jawa adalah dengan ‘nguri-nguri budaya jawa’ itu sendiri, jangan malu sebagai orang jawa karena sejatinya kita perlu bangga karena kita terlahir sebagai orang jawa,” pungkas Bupati.
Sekadar doketahui, mekanisme penilaian dari penjemparing ini adalah dengan tertancapnya (menclok) busur panah pada bandul dengan tingkatan warna yang berbeda.
Warna merah untuk mendapatkan nilai 3, kuning nilai 2, putih nilai 1, dan paling bawah warna hitam nilai – 1. Masing-masing penjemparing di setiap rambahan terdapat 4 panahan. Selama 20 rambahan nantinya akan dijumlahkan, nilai terbanyak itulah yang menjadi titis 1 (juara).
Kompetisi kali ini diikuti oleh sekitar 150 peserta dari berbagai daerah di Jawa Timur, Jawa Tengah serta DIY dan hadir sebagai undangan Bupati Magetan, Dandim 0804, Kapolres Magetan, Komandan Secata, Sekdakab Magetan, & undangan lainnya. (*)
Editor: Ibad
Loading...
Baca Juga  Wapres Serahkan Manfaat Program BPJS Ketenagakerjaan Senilai Rp 2,2 M
Artikulli paraprakPerkuat Pasokan Migor di Banda Aceh, Mendag: Tingkatkan Kerjasama Pusat-Daerah
Artikulli tjetërProgram Erick Thohir Bangkitkan Semangat Generasi Muda Berwirausaha

Tinggalkan Balasan