Kantah Surabaya I Luncurkan UTAMA, Solusi di Masa Pandemi Covid-19

83
Kementerian ATR/BPN RI
Kepala Kantor Pertanahan Surabaya I, Muslim Faizi (kanan) mendampingi Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur Heri Santosa memencet alarm tanda diluncurkannya aplikasi UTAMA.

SURABAYA (Kabarjawatimur.com)
Pandemi coronavirus disease (Covid-19) yang berkepanjangan, menggugah berbagai instansi pelayanan untuk melakukan terobosan mencari jalan keluar. Seperti yang dilakukan Kantor Pertanahan Kota Surabaya I, Senin (11/5) pagi, dengan meluncurkan aplikasi UTAMA (Urus sertipikat TAnah dari RuMAh), solusi layanan online di tengah pandemi.

Acara yang dihadiri Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur Heri Santosa, pejabat eselon III  Kantor Wilayah BPN Provinsi Jawa Timur, pejabat Kantor Pertanahan Kota Surabaya I, dan Ketua IPPAT (Ikatan Pejabat Pembuat Akta Tanah) Surabaya ini, mendapat apresiasi.

Kepala Kantor Pertanahan Surabaya I, Muslim Faizi mengatakan, jika keberadaan aplikasi ini dapat menghemat waktu bagi pemohon tanpa harus mengantre.

Baca Juga  Gara-Gara Jual Burung , Warga Kalimas Timur Surabaya Ditangkap Polisi

“Selain dapat menghemat waktu tanpa antre, diharapkan pekerjaan kantor juga bisa lebih efektif, efisien, dan terkelola dengan baik tanpa menggantikan fungsi aplikasi Komputerisasi Kegiatan Pertanahan (KKP) yang sudah ada sebelumnya,” ujar Muslim.

Loading...

Lanjut Muslim, tujuan dari aplikasi UTAMA adalah untuk meminimalisir interaksi tatap muka antara pemohon dan petugas loket sesuai dengan protokol physical distancing (jaga jarak fisik).

Keunggulan dari aplikasi UTAMA ini, dapat mempermudah pemohon untuk mengajukan permohonan sertipikat menggunakan metode daring (online) di masa kondisi pandemi Covid-19.

“Nantinya, aplikasi ini juga berkesinambungan akan terus digunakan setelah pandemi Covid-19 berakhir,” pungkas Muslim.

Selain itu, aplikasi ini memberikan kemudahan bagi pemohon untuk dapat mengurus sertipikat tanah tanpa antre, menghemat biaya, dan efisiensi waktu. Tidak hanya itu, fungsi aplikasi web ini juga sebagai Electronic Dropbox (tempat penyimpanan elektronik), dimana pemohon dapat mengunggah dokumen terlebih dahulu.

Baca Juga  Tas Diduga Bom Gegerkan Kantor Kelurahan Pacar Kembang Surabaya

Adapun salah satu fitur yang tersedia menjadikan penjadwalan pengiriman berkas yang dapat diatur secara fleksibel oleh pemohon. Pemohon pun dapat memverifikasi berkas secara online melalui aplikasi tersebut. (*)

Reporter : Boy
Editor: Rizky Rahim

Loading...

Tinggalkan Balasan