Kantah Surabaya 1 Tatgetkan 700 Bidang SHAT pada PTSL 2021

Kepala Kantor Pertanahan Surabaya 1 Kartono Agustiyanto menyaksikan pelantikan TIM ajudikasi satgas fisik, satgas yuridis dan satgas administrasi PTSL 2021, Rabu (6/1/2021).

SURABAYA (Kabarjawatimur.com)
Kantor Pertanahan Surabaya 1 menargetkan program PTSL (pendaftaran tanah sistematis lengkap) di tahun 2021 sekitar 700 bidang SHAT (sertifikat hak atas tanah) yang akan dilakukan di 12 kelurahan. Untuk tahun 2020, sebanyak 7800 bidang SHAT telah diselesaikan oleh kantor pertanahan ini.

Kepala Kantor Pertanahan Surabaya 1 Kartono Agustiyanto mengatakan, program PTSL ini menindaklanjuti program yang sudah berjalan di tahun-tahun sebelumnya.

“Program ini adalah salah satu wujud pemerintah dalam memberikan kepastian hukum atas bidang tanah secara koletif kepada masyarakat, khususnya di Kota Surabaya,” ujar Kartono dikonfirmasi Jumat (8/1/2021).

Lanjut Kartono, beberapa kelurahan yang akan disentuh program PTSL saat ini adalah Kelurahan Karah, Siwalankerto, Putat Jaya, Banyu Urip dan Lainya. Untuk tahun sebelumnya, PTSL – SHAT ini sudah dilakukan di 27 kelurahan yang masuk wilayah Surabaya 1.

Loading...

“Yang untuk tahun 2020 kemarin, kita sudah menyelesaikan sekitar 7800 bidang. Yang tahun ini kita tinggal menyelesaikan yang tersisa, 700 bidang,” sambungnya.

Dengan program ini, ia berharap seluruh bidang tanah di Surabaya terpetakan dan nantinya akan memudahkan dalam proses kelanjutan sertifikasi jika bidang itu belum bersertifikat.

“Kalau PTSL ini kaitannya dengan tanah yang belum terdaftar segera didaftarakan. Tidak harus sertifikat. Pemetaan lengkap dulu, baru kemudian bisa berlanjut ke sertifikasi. Makanya kita mendorong masyarakat untuk tidak menyia-nyiakan program ini,” sambungnya.

Untuk bidang tanah yang belum terpetakan, agar diukur dan dipetakan supaya lengkap. Dengan sudah terpetakan lengkap akan menjamin kepastian bagi pemilik tanah.

“Kami sangat berharap masyarakat memanfaatkan program ini dengan sebaik-baiknya. Untuk itu, demi kelancaran proses tersebut kami sangat berharap kerja sama dari semua pihak,” pungkasnya. (*)

Reporter: Ibad
Editor: Gita Tamarin

Loading...

Tinggalkan Balasan