Kak Seto: Kebiri, Hukuman Tepat Bagi Pelaku Kekerasan Seksual

75
Kak Seto dan pelaku pelecehan seksual terhadap anak

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Untuk menanggulangi tingginya angka kekerasan terhadap anak, Ketua Umum Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI), Seto Mulyadi, menegaskan jika hukuman Kebiri adalah hukuman paling tepat bagi pelaku kekerasan seksual terhadap anak.

Hal tersebut diungkapkan Kak Seto ketika menghadiri press rilis di Mapolda Jatim dengan kasus predator anak asal Tulungagung, Jum’at (29/11/2019) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Kak Seto mewakili Lembaga Perlindungan Anak Indonesia memberikan apresiasi terhadap Polda Jawa Timur yang telah berkenan menindak tegas atau menggulung kasus-kasus pelecehan seksual.

Tindakan tegas ini diharapkan terus ditingkatkan serta ada penindakan ataupun sanksi seberat-beratnya. “Sangsi terbaru bagi para pelaku yakni Kediri dan sebagainya. Hal itu sebagian rehabilitasi bukan sebagai balas dendam,” kata Kak Seto, Sabtu (30/11/2019).

Loading...
Baca Juga  Saat ini, Polisi Kembali Gencar Lakukan Patroli Keramaian, Warkop dan Cafe

Lanjut Kak Seto, karena sebagian orang menyebut jika Kebiri sifatnya tidak menyembuhkan.

Namun menurut Kak Seto, dengan Kebiri akan menyadarkan pelakunya mengakui dirinya yang tidak bisa mengendalikan nafsu serta tidak mengulangi perbuatannya.

Kebiri ini terjadi di negara-negara seperti di Eropa dan Amerika yaitu sebagai rehabilitasi yang dilakukan oleh para petugas.

“Sering kita sibuk dengan pelaku tapi korban dilupakan untuk mendapatkan perlindungan khusus sesuai dengan amanat undang-undang Nomor 35 tahun 2014,” tambah Kak Seto.

Korban pelecehan seksual ini juga butuh pendampingan dengan melibatkan berbagai Lembaga dan Kementerian Pendidikan, Kementerian Sosial dan sebagainya. Korban ini juga berhak untuk mendapatkan rehabilitasi serta Psikologi atau terapi bagi korban. (*)

Baca Juga  Ratusan Motor Hasil Curian Ngandang di Polda Jatim

Reporter : Eko

Loading...
Artikulli paraprakEmak-Emak asal Semarang Ajak Dua Anaknya Gasak Emas di Tulungagung
Artikulli tjetërKepergok Mencuri, Wanita Berkerudung di Surabaya Diamankan

Tinggalkan Balasan