Pelaku penjual benih Lobster ilegal.

SURABAYA, (Kabarjawatimur.com)-Ditpolair Polda Jatim membekuk pria bernama, W (51) warga asal Wonogiri Jateng, Minggu 06 Juni 2021 sekitar Jam 16.30 WIB, di dua tempat berbeda yakni di Pantai Kunang dan Jalan Wilis Kecamatan Panggul, Kabupaten Trenggalek.

W diduga membudidayakan atau pengangkutan benih lobster udang atau benur tanpa dilengkapi dengan ijin yang sah.

Pada saat diamankan, W ini mengendarai mobil Honda Jazz warna silver Nopol F1336 QL mengangkut benih udang lobster/ benur sebanyak kurang lebih 22.200 ekor dikemas menggunakan 79 kantong plastik.

Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Gatot Repli Handoko mengatakan, Lobster sejumlah 3 kardus besar itu berisikan masing-masing 25 kantong plastik, 22 kantong plastik, 24
kantong plastik dan terdapat 2 kantong plastik berisikan baby lobster masing-masing berisi 4 kantong plastik dengan perkiraan
terdapat 200 ekor baby lobster perplastiknya.

Baca Juga  Pamerkan Rudal Dalam Bus, Pria ini Diamankan Polisi
Loading...

“Ribuan anak lobster itu diletakkan di bagasi mobil dan rencananya akan dikirim dari P ke penerima di Solo yang transit dulu di Pacitan,” jelas Gatot, Rabu (9/6/2021).

Dari keterangan yang didapat, tugas pelaku mengantar sampai ke Pacitan untuk bertemu dengan A yang merupakan orang kepercayaan dan karyawan dari M.

M ini tugasnya menghitung jumlah baby lobster sebelum baby lobster tersebut diantarkan ke Solo menggunakan sopir dan mobil yang berbeda.

Dari ungkap kasus ini, diamankan barang bukti berupa, jenis pasir sebanyak 22.145 ekor dan jenis mutiara sebanyak 55 ekor, tas ransel warna biru silver, Hand phone merk Vivo warna hitam dan Mobil Honda Jazz warma silver.

Baca Juga  Risma dan Sri Mulyani Dinilai Sebagai Menteri Terbaik di Mata Publik

Pelaku diduga melanggar pasal Pasal 92 jo pasal 26 ayat (1) UU No. 11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja jo UU No. 45 tahun 2009 tentang Perubahan atas UU No. 31 tahun 2004 tentang Perikanan, dipidana penjara paling lama 8 tahun dan denda paling banyak 1,5 Milyar.(*)

Reporter : Eko

Loading...
Berita sebelumyaWujudkan Sinergitas Antar Instansi, Kadiv Imigrasi Lampung Buka Rakor Timpora
Berita berikutnyaJelang Kunjungan Kapolri dan Panglima TNI, Kapolda Jatim-Pangdam V Brawijaya Tinjau Sumenep

Tinggalkan Balasan