Job Fair Bangkalan, Puluhan Pelamar Kecewa

106

BANGKALAN, (Kabarjawatimur.com)- Ratusan Pelamar kerja menghadiri Bursa Kerja atau Job Fair yang dilaksanakan Dinas  Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disprinaker) Kabupaten Bangkalan, Madura Jawa Timur Selasa (8/10/2019).

Sebanyak 32 perusahaan swasta memamerkan di job fair stand,  Mulai dari bidang marketing, Administrasi, Kesehatan, Jasa Antar Barang, Dealer Motor, Asuransi, Perbankan, hingga olah limbah/ energi.

Namun, tak semua perusahaan yang membuka stand bertempat kerja di wilayah Bangkalan, rata-rata penempatan kerja berada Surabaya, Gresik, Sidoarjo, Pasuruan hingga Malang.

“Saya mencari kerja disekitar Bangkalan, yang dekat dengan keluarga, setiap hari bisa pulang, agar pengeluaran lebih hemat. Tapi yang tersedia terbatas,” ungkap Suhaibin Sofa, pria asal Galis Bangkalan.

Baca Juga  Cabuli Pelajar 17 Tahun Dengan Modus Ajak Main Game, Pelaku Gagahi 3 Kali

Lulusan Sarjana Pendidikan Bahasa Inggris STKIP PGRI Bangkalan masih bingung harus kemana pasca Lulus Kuliah, sebab menurutnya di Kabupaten (Pemkab) Bangkalan belum banyak perusahaan yang dapat menerima lamaran pekerjaanya.

Loading...

“Saya dan teman-teman kebingungan, lowongan yang dibuka rata-rata tempatnya di Jawa,” kata Sofa seraya keluar dari gedung Rato Ebuh.

Senada, Moh Fattah menyampaikan bahwa rata-rata lowongan kerja yang tersedia dibursa tersebut lebih memilih lulusan SMA dari pada lulusan sarjana. Padahal kata dia, lulusan S1 juga butuh dan banyak yang mencari kerja.

“Tadi mendengar perusahaannya tidak butuh karyawan lulusan S1, tapi butuh yang lulusan SMA,” tambahnya.

Kepala Dinas Perindustrian dan Tenaga Kerja (Disprinaker) Kabupaten Bangkalan, Tamar Djaja mengatakan, jumlah pencari di Bangkalan setiap tahun terus meningkat.

Baca Juga  Bawa Ratusan Miras, Pasutri di Surabaya Berurusan dengan Polisi

Namun, kata dia, perbandingan jumlah pencari kerja dengan penyedia lapangan pekerjaan berbanding terbalik. “Memang lebih banyak pencari kerjanya,” tutur Tamar sapaan akrabnya.

Sayangnya, Tamar tak bisa menyebutkan secara detail jumlah pencari kerja di Kabupaten Bangkalan.

“Banyak, saya tidak hafal,” tutupnya. (*)

Teks Foto: Pemuda/i Antusias Mencari Lowongan Pekerjaan di Gedung Rato Ebuh Bangkalan.

Reporter : Rusdi

Loading...
Artikulli paraprakBapak di Surabaya Bantu Anak Gugurkan Kandungan Hasil Hubungan Gelap
Artikulli tjetërTamu tak Diundang Diamankan Polsek Kenjeran, Sasar Rumah Kosong

Tinggalkan Balasan