JIIPE Kembali Didemo Forkot Gresik, Pengajuan KEK Jalan Terus

157
Aktivis Forkot Gresik saat berdemo di depan pintu masuk JIIPE, Manyar, Gresik.

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) yang berlokasi di Jalan Raya Manyar, Kabupaten Gresik, kembali didemo puluhan aktivis yang mengatasnamakan diri Forum Kota (Forkot) Gresik, Senin (21/9/2020).

Dalam aksi demo itu, mereka menyuarakan tuntutan yang sama dengan demo sebelumnya. Yakni menolak JIIPE menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) dan menolak berdirinya Freeport di kawasan tersebut.

Korlap Aksi Farid menghimbau, agar managemen JIIPE tidak meneruskan keinginan dalam merubah status dari kawasan industri menjadi KEK. Dikarenakan, pihak JIIPE dinilai belum mampu menyelesaikan tanggung jawab. Seperti halnya persoalan tanah.

“Pemberlakuan KEK juga menimbulkan efek negatif yang justru menguntungkan asing atau pemodal besar. Lalu mengurangi pendapatan daerah dan mengancam hak buruh serta persoalan lingkugan hidup,” ujarnya.

Baca Juga  Situs KPU Jember Diretas Pelajar SMP, Dua Pelaku Diamankan Polda Jatim
Loading...

Menanggapi hal itu, Community Delepment Managemen JIIPE Mifti Haris mengatakan, pemahaman terkait KEK yang dikemukakan pendemo perlu diluruskan. Sebab, adanya KEK ini sebagai sarana yang difasilitasi pemerintah untuk menarik investor.

“Proses pengajuannya (KEK) jalan terus. Tidak ada problem. Semuanya butuh proses. Kalau toh mungkin masih ada kekurangan, akan kita benahi. Tujuan KEK ini kan untuk menarik investor ke Gresik,” katanya, Senin (21/9/2020).

Terkait penolakan Freeport, Mifti mengaku belum mengetahui alasan dari penolakan itu. Padahal, keberadaan Freeport diharapkan oleh berbagai pihak. Apalagi pemilik saham terbesar Freeport itu pemerintah melalui perusahaan Inalum.

“Kita akan mendukung semua program pemerintah termasuk berdirinya smelter disini,” pungkasnya. (*)

Baca Juga  Tas Diduga Bom Gegerkan Kantor Kelurahan Pacar Kembang Surabaya

Reporter : Azharil Farich

Loading...

Tinggalkan Balasan