Jember akan Punya Rumah Sakit Rehabilitasi Narkoba

138

JEMBER, (Kabarjawatimur.com) – Bupati Hendy Siswanto dan Wabup MB Firjauan Barlaman ternyata juga berkomitmen pada pemberantasan penyalah gunaan narkotika dan obat-obatan terlarang (narkoba).

Alasannya sudah banyak nyawa anak bangsa melayang karena terjerat kenikmatan semu namun mematikan akibat narkoba.

Penangkapan dan pemenjaraan para pengguna narkoba justru membuat hampir seluruh lembaga pemasyarakatan termasuk Lapas kelas 2A Jember, dihuni oleh napi atau warga binaan kasus narkoba.

Berdasarkan data dari Kemenkumham setidaknya ada 50 persen lebih warga binaan yang saat ini menjalani hukuman terkait penyalah gunaan narkoba.

Salah satu komitmen pemerintahan Bupati Hendy Siswanto dan Wabup MB Firjauan Barlaman adalah menyelamatkan generasi muda Jember dari narkoba.

Selain akan bekerjasama dengan semua pihak untuk melakukan sosialisasi anti narkoba dikalangan anak muda juga dengan segera membangun pusat rehabilitasi narkoba.

Hal ini diungkapkan Bupati Jember Ir. H. Hendy Siswanto saat pelantikan Wakil Ketua Pengadilan Negeri Kelas 1A Jember. Di depan tamu undangan, Bupati Hendy menyebutkan di Jember membutuhkan pusat rehabilitasi narkoba. Dalam acara tersebut, Didit Pambudi, dilantik menjadi Wakil Ketua PN Jember.

Baca Juga  Polisi Lengkapi Berkas Joddy Sopir Vanessa Angel P21, Siap Disidangkan

Hendy menyebutkan akan segera meminta Badan Narkotika Nasional Jawa Timur untuk membantu mewujudkan rencana tersebut.

“Dan insaallah nanti Kepala BNN Jawa Timur,bapak Aris yang kebetulan beliau orang Jember,”katanya.

Loading...

Pemkab Jember menurut Hendy akan menyediakan tanah untuk pendirian pusat rehab narkoba.

“Saya minta (Kepala BNN Jatim) dibangunkan di Jember untuk rehabilitasi narkoba, dan beliau menyanggupi, dan kami menyediakan tanahnya,” sebutnya.

Sementara itu terkait pelayanan masyarakat yang berhubungan denhan Pengadilan Negeri, Hendy bersedia untuk memfasilitasi pelayanan jarak jauh Pengadilan Negeri Jember di masing-masing desa.

Menurutnya Pemkab Jember pada tahun depan 2022 akan memasang perangkat multimedia terintegrasi ke masing-masing desa dan kelurahan, supaya dapat dimonitor oleh Bupati secara realtime.

Baca Juga  Kerjasama PMI Dan DMI Untuk Bantu Kemanusiaan

Perangkat multimedia terdiri dari kamera, komputer, meja, perangkat internet.

“Dan ini juga selain untuk kebutuhan birokrasi kami Pemkab Jember, juga dapat digunakan untuk pelayanan PN Jember secara jarak jauh, sehingga warga desa tidak perlu jauh-jauh lagi ke kota untuk mendapatkan pelayanan PN Jember,” ungkap Bupati Hendy Siswanto, Senin (08/11/2021).

Sementara itu Ketua PN Jember, I Wayan Gede Rumega menyampaikan, ia akan terus berupaya bagaimana membangun dan memberikan pelayanan kepada masyarakat bahkan menjangkau pelayanan hingga ke desa secara langsung.

“Tentunya dengan adanya IT, medukung pelayanan lebih prima dan memudahkan masyarakat yang membutuhkan pelayanan hukum dan keadilan,” ungkapnya. (*)

Reporter: Rio

Loading...
Berita sebelumyaKepala Kanwil Kemenkumham Jatim Lantik Tiga Kepala Kantor Imigrasi
Berita berikutnyaIni Prioritas Bupati Hendy dengan APBD Tahun 2022

Tinggalkan Balasan