SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) Tingkat III Angkatan Ke-68 yang tergabung dalam latihan praktek pelayaran Kartika Jala Krida tahun 2021 (Lattek KJK 2021) melaksanakan paparan masuk alur pelabuhan sebelum kapal sandar di Pelabuhan Tual.

Paparan tersebut, dilaksanakan di ruang kelas gabungan KRI Bima Suci, Kamis (5/8), menjelang KRI Bima Suci yang membawa Satlat KJK 2021 singgah di pelabuhan Tual keesokan harinya.

Sermadatar (P) Anggel Triviana selaku pemapar mewakili kelompoknya, memaparkan data-data dan kondisi pelabuhan dihadapan Perwira, Staflat dan rekan Taruna lainnya.

Dengan jelas dia memaparkan tentang data informasi pelabuhan, daftar pasang surut laut, buku tentang kepanduan bahari, informasi dari BMKG, topografi dan hidrografi pantai sekitar pelabuhan, cuaca dan angin, serta arus dan gelombang pada saat air pasang.

Baca Juga  Surabaya Fashion Week 2021 Resmi Dibuka!
Loading...

Paparan yang ditinjau langsung Palaklat KJK 2021 Letkol Laut (P) Khairul Anwar berlangsung cukup seru lantaran saat sesi tanya jawab, banyak diantara Taruna menanyakan tentang detail kondisi alur masuk pelabuhan dan situasi pelabuhan serta masyarakat Kota Tual.

Menurut Palaklat, kegiatan paparan bagi Taruna ini sangat penting, selain sebagai latihan keberanian, juga untuk membekali mereka di kedinasan nanti saat bertugas di KRI.

Dalam paparan alur masuk pelabuhan ini, melibatkan seluruh Taruna dari Korps Pelaut, Teknik, Elektronika dan Suplai untuk menyiapkan segala sesuatu sesuai bidangnya masing-masing.

“Paparan ini bertujuan melatih para Taruna menyiapkan kapal masuk alur pelabuhan sehingga kapal dapat sandar dengan benar dan sesuai prosedur yang ada sehingga tidak terjadi hal-hal yang merugikan baik personel maupun materiil,” ungkapnya.

Baca Juga  Pabrik Mebel di Waru Gunung Karangpilang Dilalap Api

Ia mengapresiasi paparan kelompok ini, diharapkan paparan kedepan para Taruna mampu menguasai betul alur yang akan dilaluinya, oleh sebab itu agar paparan disiapkan betul dan mencari sumber informasi yang benar-benar valid. (*)

 

Loading...
Berita sebelumyaBersama Anggota DPR RI dan Wabup Gresik, SIG Salurkan Bantuan Senilai Rp 400 Juta
Berita berikutnyaGrabNEXT: 72% Keluarga Indonesia Pesan-Antar Makanan Lebih Banyak Selama Pandemi

Tinggalkan Balasan