Jelang Pilkada, Polisi Banyuwangi Gelar Sispamkota

68
Sispamkota

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Menghadapi Pemilukada Kabupaten Banyuwangi tahun 2020. Polresta Banyuwangi menggelar simulasi Tactical Floor Game (TFG) dan sistem pengamanan kota (Sispamkota).

Latihan ini juga dilakukan untuk pengamanan jelang pendaftaran pasangan calon (paslon) Bupati dan Wakil Bupati di KPU Banyuwangi. Pendaftaran paslon Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi Digelar sejak Jumat (4/9/2020) hingga Minggu (6/9/2020).

Diprediksi, ada dua paslon yang akan mendaftarkan diri pada akhir masa pendaftaran, yakni paslon Ipuk Fiestiandani Azwar Anas dan Sugirah serta pasangan Yusuf Widyatmoko dan KH Muhammad Riza Aziziy.

Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin mengatakan, aparat kepolisian menjamin adanya kondisi aman dan kondusif dalam beberapa tahapan Pilkada Banyuwangi 2020.

“Latihan Sispamkota ini digelar sebagai persiapan antisiapsi apabila terjadi hal-hal di luar prediksi (kontinjensi),” katanya (5/9/2020).

Baca Juga  Gulung 9 Pencuri Motor, Diantaranya Modus Order Ojol Offline

Untuk jumlah personel yang dikerahkan, kata Kapolresta, pihaknya menyiapkan 1.000 personel yang akan bertugas. Petugas disebar di beberapa titik untuk mengamankan lokasi konsentrasi massa.

“Ada beberapa lokasi konsentrasi massa salah satunya adalah KPU. Pengamanan ketat kita lakukan di kantor penyelenggara KPU. Sementara penyekatan dibeberapa Kecamatan juga kita buat untuk mengurangi kondisi genting jika diperlukan,” tambahnya.

Loading...

Sementara itu, rencananya, kedua bakal pasangan calon akan mendaftarkan diri di hari yang sama, yakni Minggu (6/9/2020). Komisi Pemilihan Umum sudah menerima informasi rencana pendaftaran tersebut.

“Kalau pasangan Ipuk-Sugirah akan mendaftar pada jam 08.00 WIB. Sementara pasangan Yusuf-Gus Riza rencananya pukul 15.00 WIB. Mereka daftar dihari terakhir yakni hari Minggu rencananya,” tegas Ketua KPU Banyuwangi, Dwi Anggraeni kepada wartawan.

Baca Juga  Sukseskan Pilwali, Polisi di Blitar Gelar Doa Bersama

Untuk persiapan pendaftaran calon bupati dan wakil bupati, kata Dwi, KPU Banyuwangi sudah menyiapkan lokasi yang sesuai dengan protokol kesehatan. Tentunya juga ada pembatasan orang yang masuk untuk pendaftaran tersebut.

“Pendaftaran hanya dilakukan pasangan calon dan tim sukses. Untuk simpatisan diluar ruangan,” paparnya.

Ditambahkan Kapolresta Banyuwangi Kombes Arman Asmara Syarifudin, pengamanan pendaftaran juga dilakukan dengan ketat. Sebanyak 100 personel disiagakan dalam kegiatan ini. Polisi juga menugaskan petugas pengawalan melekat kepada masing-masing bakal calon.

“100 personel kita kerahkan saat pendaftaran. Sementara petugas pengamanan melekat kita siapkan 16 orang. Masing masing 4 personel,” pungkasnya. (*)

Reporter: Rochman

Loading...

Tinggalkan Balasan