Jangan Percaya Makelar SIM di FB, Dua Pembuatnya Digulung Polisi

13

SURABAYA, Kabarjatim.id-
Tingkat kesulitan dan banyaknya pemohon Surat Izin Mengemudi (SIM) yang gagal saat mengikuti tes teori maupun praktek, hal itulah yang dimanfaatkan oleh sekelompok orang untuk berbuat tindak kejahatan.

Pelaku tindak kejahatan tersebut akan menawarkan jasa pembuatan SIM melalui jejaring sosial Facebook (FB), dengan harga yang dibilang tak cukup murah dan dengan jaminan SIM akan jadi.

Namun siapa sangka jika orang-orang yang bermain SIM lewat FB tersebut adalah pelaku tindak pidana pemalsuan dan beberapa pelaku sudah tertangkap oleh Polisi.

Dua pria yang ditangkap itu, Boby Khartika (36) warga Jalan Kyai Abdullah Surabaya dan Yanuar Eka Riztawan (25) warga Perum Lembah Harapan blok AA Surabaya.

Baca Juga  Belasan Poket Didapat Polisi dari Rumah Semolowaru

Keduanya diketahui memalsukan dokumen Negara berupa, KTP, SIM, NPWP, hingga Ijazah Sarjana dari beberapa Perguruan Tinggi terkenal di Kota Surabaya.

Loading...

Keduanya ditangkap pada, Senin, 25 Maret 2019, sekira jam 21.00 WIB. Boby berperan sebagai pencetak, sementara Yanuar mencari order melalui WhatsApp WA maupun FB.

“Keduanya terbukti mencetak SIM, Boby pencetak lalu Yanuar Menjualnya seharga Rp. 150.000,” sebut Ipda Rokhip, Kanit Reskrim Polsek Sukomanunggal, Jum’at (5/4/2019).

Lanjut Rokhip, jika pemohon itu hendak membuat SIM, dihimbau untuk datang lagsung ke tempat pembuatan SIM (Satpas) dan jangan terpengaruh dengan harga juga jaminan lulus.

Kelompok jaringan pembuat data Negara palsu ini selalu mengincar mangsa yakni seseorang yang tidak ingin ribet namun akhirnya hasilnya adalah palsu.

Baca Juga  Iseng Rekam Wanita Mandi, Pria di Surabaya Ditangkap Polisi

“Bikin SIM itu gampang, ikuti aturannya, taati, pahami, lakukan dengan benar dijamin pasti lulus,” tutup Rokhip. (Eko)

Teks foto : SIM palsu dan dua pembuatnya.

Editor : Budi

Loading...
Artikulli paraprakKemenag Apresiasi Penyelesaian 3.488 Paspor Haji 2019
Artikulli tjetërPoltekpel Surabaya Luluskan 230 Perwira Pelaut Ahli dan Profesional

Tinggalkan Balasan