Izin Tinggal Kedaluarsa, Imigrasi Mataram Deportasi Warga Negara Jepang

MATARAM (Kabarjawatimur.com)
Terbukti melanggar Pasal 78 ayat 3 Undang Undang No 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian, AH (57), seorang pria warga negara Jepang dideportasi oleh petugas Kantor Imigrasi Kelas I Mataram melalui TPI Bandara Internasional Soekarno Hatta (Soetta), Jakarta, Minggu (6/6/2021).

Yang bersangkutan telah melebihi izin tinggal di Indonesia, mengingat visa/izin tinggal Kitas yang diberikan kepada AH sudah habis masa berlaku sampai dengan 13 November 2020. Namun yang bersangkutan tidak melakukan perpanjangan visa yang peraturannya sudah diatur disesuaikan di masa pandemi Covid-19.

Berdasarkan Surat Keputusan Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Nomor : W21.IMI.IMI.1-1528 .GR.02.02 Tanggal 03 Juni 2021, harus dilakukan tindakan administratif keimigrasian berupa pendeportasian.

Loading...

“WNA asal Jepang ini sudah kita deportasi melalui Bandara Soetta Jakarta. Tadi pagi anggota berangkat ke Jakarta pukul 09.20 dari Bandara Internasional Lombok,” ujar Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Mataram Onward Victoria ML Toruan.

Lanjutnya, pukul 17.20, petugas dan deporti melakukan check in dan pemeriksaan barang bawaan oleh petugas Bandara Internasional Soekarno Hatta. Kemudian petugas berkoordinasi dengan Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Soekarno-Hatta terkait keberangkatan deporti WN Jepang tersebut.

“Baru sekitar pukul 19.00, dia diterbangkan menggunakan pesawat Singapore Airlines 5Q-965 menuju Bandara Narita Tokyo, Jepang,” pungkas Onward. (*)

Editor : Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaPuluhan Orang Reaktif, Terjaring Penyekatan Suramadu
Berita berikutnyaForkopimda Terus Lakukan Upaya Pencegahan Covid-19 di Bangkalan

Tinggalkan Balasan