Iuran Naik, PMII Gresik Desak Bubarkan BPJS Kesehatan

40
Aktivis PMII Gresik saat menggelar demo di depan kantor DPRD Gresik

GRESIK, (Kabarjawatimur.com) – Awal tahun 2020 ini BPJS Kesehatan menaikan iuran sebesar dua kali lipat untuk semua golongan. Menyikapi kenaikan iuran tersebut, aktivis PMII Gresik mendesak pemerintah untuk membubarkan BPJS Kesehatan.

Desakan itu dilakukan dengan menggelar demo di depan kantor DPRD Gresik pada Jumat (3/01/2020) siang. Tampak puluhan mahasiswa yang tergabung dalam PMII poster bertuliskan desakan dan tuntutan untuk membubarkan BPJS Kesehatan.

Berikut isi tulisan yang terpampang di poster. ‘Bubarkan BPJS wujudkan kesehatan gratis’, ‘Hentikan segala bentuk kerjasama dengan imperialisme’. ‘Cabut UU sistem jaminan sosial nasional no 40 tahun 2004’ dan ‘Cabut UU BPJS no 24 tahun 2011’.

Korlap aksi demo Ilham mengatakan, kenaikan iuran BPJS Kesehatan menjadi kado pahit yang diberikan pemerintah pusat pada awal tahun 2020. Rakyat diharuskan membayar iurannya sendiri di tengah situasi ekonomi yang semakin sulit dan meningkatnya biaya hidup.

Baca Juga  Dikeluhkan Kemacetan di Manyar, Cabup Qosim Bakal Bangun Fly Over Bila Terpilih
Loading...

“Kalau pemerintah membebankan biaya kesehatan kepada hampir seluruh rakyat, lalu apa bedanya dengan asuransi milik perusahaan swasta. Kita mencium adanya dominasi imperialisme dan kapitalisme yang mendikte pada sistem kesehatan,” ucap Ilham.

Selanjutnya ada pula aksi teatrikal yang menggambarkan seorang pemuda menangisi temannya yang telah meninggal dunia, dikarenakan sakit namun tidak bisa berobat karena tidak mampu membayar iuran BPJS Kesehatan yang naik 2 kali lipat.

Ketua Komisi IV DPRD Gresik Muhammad mengaku sependapat dengan apa yang disuarakan oleh teman-teman PMII. Pihaknya berjanji akan menyampaikan tuntutan ini ke pemerintah pusat.

“Kita hanya menampung aspirasi teman-teman PMII dan akan kita sampaikan ke pemerintah pusat. Tapi perlu diketahui BPJS Kesehatan itu merupakan program pemerintah pusat sehingga pihaknya tidak memiliki kewenangan,” kata Muhammad. (*)

Baca Juga  Taat Kyai, Gus Saif dan Bolo Saif Siap Menangkan Hendy-Firjaun

Reporter : Azharil Farich

Loading...

Tinggalkan Balasan