Ini yang Dilakukan Siswa SDN Menanggal 601 saat Berkunjung ke DPRD Surabaya

58

SURABAYA (Kabarjawatimur.com)
Ratusan siswa SD Negeri Menanggal 601 Surabaya, nampak bahagia saat mengunjungi gedung wakil rakyat DPRD Kota Surabaya, Senin (18/11/2019). Rupanya, keinginan anak-anak ini terkabul dan disambut langsung Ketua DPRD Kota Surabaya Adi Sutarwijono, ketika sudah menjejakkan kaki di Jalan Yos Soedarso.

Kedatangan siswa-siswi ini merupakan kegiatan tengah semester untuk belajar di luar sekolah, agar mereka mendapatkan pengetahuan baru. Tingkah lucu pun seringkali terlihat ketika anak-anak ini berada di ruang pertemuan paripurna di lantai tiga.

“Minimal sejak dari SD, mereka tahu tugas dan fungsi DPRD, apa yang dikerjakan, serta mengenal secara umum bagan pemerintahan daerah,” kata politisi PDI Perjuangan (PDIP) yang akrab disapa Awi ini.

Awi menambahkan, kegiatan belajar luar sekolah, yang dilakukan oleh SD Negeri Menanggal 601, sangat bagus. Mereka mengenali dan mendapatkan wawasan baru bahwa politik itu membangun. Terutama, tugas pokok DPRD sebagai representasi rakyat.

Baca Juga  Cawawali Nomor 1 Armuji Komitmen Perhatikan Kaum Minoritas

“Sejak usia dini, anak-anak dikenalkan bahwa politik itu pada misinya adalah membangun. Yang di dalamnya mengandung wawasan kebangsaan dan cinta tanah air,” sambung mantan Wakil Ketua Komisi A periode sebelumnya ini.

Loading...

Salah seorang siswa, Zena Imakulata, mengaku dirinya merasa senang dan bangga dapat duduk di kursi anggota DPRD. Menurutnya, tak semua orang bisa mendudukinya, apalagi di ruang sidang paripurna.

“Rasanya senang terus bangga karena gak mungkin gak bisa mengulangi lagi, apalagi bisa kenalan anggota dewan dan selfi bareng,” kata Zena, siswa kelas 5 itu.

Dalam kunjungan ini, siswa SD juga menyampaikan aspirasinya ke Anas Karno selaku wakil ketua komisi B DPRD Kota Surabaya. Diantaranya meminta untuk didatangkan Blackpink, ingin selfie sama Bu Risma, kelas dikasih AC, dan WC sekolah dibetulkan.

Baca Juga  Banser, Ansor, PSHT dan Tokoh Agama Deklarasi Anti Anarkisme di Polres Tanjung Perak

“Selain itu, siswa – siswa bisa mengenal lebih dekat politisi bekerja membangun kota tercinta”, ujar Anas.

Sementara itu, Soni Sandiyana, guru SD Negeri Menanggal 601 ini mengaku, kegiatan tersebut diharapkan dapat menjadi inspirasi ratusan para siswa.

“Supaya anak-anak ke depan juga bercita-cita menjadi pemimpin, menata pemerintahan dan melayani rakyat. Seperti yang dilakukan Bapak-Ibu Anggota DPRD di gedung ini. Dan mereka (siswa) 20-25 tahun kedepan menjadi generasi pengganti,” papar Soni.

Teks foto: Perwakilan siswa SD Negeri Menanggal 601 memberikan cenderamata ketika bertandang ke gedung DPRD Kota Surabaya.

Reporter: Gita
Editor: Rizky Rahim

Loading...

Tinggalkan Balasan