Ini Cara Pemuda Beri Solusi dan Perangi Sampah di Banyuwangi

87
Diskusi solusi permasalahan sampah

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Kelompok Pemuda yang tergabung dalamm Gerakan Membangun Bebarengan (Gembreng) di Desa Labanasem, Kecamatan Kabat, Banyuwangi terus berdiskusi. Kali ini mereka memecahkan solusi dan memerangi sampah.

“Sampah menjadi permasalahan utama dalam diskusi ini,” ucap Narasumber ngobrol pintar, Kurdi Ihsan, pada Selasa (1/10/2019).

Kurdi Ihsan menjelaskan, banyak solusi untuk menangani permasalahan sampah. Namun, pihaknya menyebut yang paling utama mengatasi sampah diawali dengan menyadarkan para masyarakat.

Menurutnya, pengelolaan sampah itu harus lebih difokuskan kepada sumber penghasil sampahnya. Seperti rumah tangga atau industri asalnya.

Loading...

“Dengan menyadarkan masyarakat agar hidup bersih ini cara terbaik meminimalkan masalah sampah,” cetusnya.

Hal itu, lanjutnya, ditemukan solusi bahwa jika ingin menanggulangi permasalahan sampah maka harus ada koordinasi yang aktif antara pemuda, masyarakat dan Pemerintah Desa (Pemdes) agar dibuatkan semacam tempat pembuangan sampah (TPS), serta pengolahan sampah terpadu.

Baca Juga  Kenapa Tebu di Kebun PTPN XII Kalikempit Tidak Dimuat ?

“Ini menjadi tantangan. Kami terus dorong pembentukan itu. Dan kami terus memberikan sosialisasi kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya pencemaran lingkungan dari sampah dan air,” pungkasnya.

Reporter: Rochman

Loading...
Artikulli paraprakBegini Cerita Warga Bangkalan atas Kerusuhan di Wamena
Artikulli tjetërAlat Kelengkapan Dewan Terbentuk, Ini Agenda Penting Komisi A DPRD Surabaya

Tinggalkan Balasan