Ingin Berprestasi Sekaligus Mendapat Beasiswa di Perguruan Tinggi? Yuk, Simak Tipsnya!

1928

BANYUWANGI, (Kabarjawatimur.com) – Mendapatkan prestasi dan beasiswa di Perguruan Tinggi adalah suatu hal yang paling didambakan setiap siswa SMA/SMK/sederajat.

Diketahui, berprestasi dapat dimulai dengan menjadi bakal mahasiswa yang aktif dan produktif sesuai dengan minat dan bakat. Ketika kita telah memahami passion kita, maka selanjutnya akan enjoy untuk menjadi lebih baik dan mengejar prestasi.

Prestasi akademik salah satunya menguasai perkuliahan dan aktif mengikuti perlombaan sehingga dapat membidik beasiswa. Hal ini disampaikan oleh Julita Hasanah alumni Universitas Jember yang sekarang sedang memempuh pendidikan Master di Institut Pertanian Bogor dan menyandang gelar awardee Beasiswa LPDP.

“Temukan potensi diri dan pertimbangkan kelebihan dan kelemahan kalian. Selepas itu harus selalu belajar dan latihan. Jadikan bakat sebagai ajang untuk berkarya,” kata Julita, Rabu (26/8/2020).

Baca Juga  Plt Kadis Ciptakarya Jember Disebut Lakukan Pembangkangan Birokrasi
Loading...

Namun, tak cukup prestasi saja, menurutnya, pengalaman kapanitiaan, dan organisasi pun juga sangat penting sebagai penunjang kita dalam pengajuan beasiswa. Jadi harus seimbang antara akademis dan non- akademis. Kita harus pintar melakukan manajemen waktu, antara kuliah, produktif mengejar prestasi, dan aktif dalam organisasi.

Aris Setia Rini selaku Koordinator Nasional Forum Nasional Sosial Masyarakat BEM se-Indonesia yang saat ini menempuh pendidikan di Universitas Brawijaya menyampaikan, ketika menjadi mahasiswa, penting sekali untuk menentukan visi misi di awal selama kita menjadi mahasiswa terkait apa saja yang ingin dicapai dan harus dilakukan.

“Hal itu, agar kita punya pendirian dalam meraih suatu pencapaian,” ucapnya.

Baca Juga  Satpam Mall BG Juncion Ditemukan Tewas Tertelungkup

Sekedar dikatahui, selain harus balance antara produktif untuk mencapai target prestasi dengan aktif mencari pengalaman di organisasi, juga harus bisa membedakan antara sibuk dan produktif.

Bahkan, lanjutnya, sibuk adalah mengerjakan sesuatu sendiri tanpa pikir panjang hingga membebani pikiran dan fisik kita. Jika produktif adalah melakukan pilihan kegiatan yang dirasa dapat membuat dirinya berkembang. (*)

Reporter: Rochman

 

Loading...

2 KOMENTAR

  1. Saya setuju dengan pendapat mba Julita dan Mb Aris Setia bahwa untuk mendapatkan beasiswa kita perlu aktif di akademis dan nonakademis. Tentunya kita bisa memulai dengan hal2 yang sesuai dengan minat diri masing2.

Tinggalkan Balasan