Imigrasi Jakarta Utara Sosialisasikan Aplikasi Pelaporan Orang Asing Berbasis QR Code secara Masif

JAKARTA (Kabarjawatimur.com)
Kegiatan sosialisasi aplikasi pelaporan orang asing (APOA) berbasis QR code dalam rangka tugas dan fungsi tim pengawasan orang asing (Timpora) Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara dilaksanakan di Aston Pluit Hotel & Residence, Rabu (9/6/2021).

Kepala Kantor Imigrasi Kelas I TPI Jakarta Utara Sandi Andaryadi melaporkan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan koordinasi antara instansi pemerintah dan pemilik/pengurus/penyedia penginapan dalam rangka melakukan pengawasan terhadap keberadaan dan kegiatan warga negara asing di wilayah Kota Administrasi Jakarta Utara.

Imigrasi Jakarta Utara
Kepala Kantor Imigrasi Kelas 1 Jakarta Utara Sandi Andaryadi memberikan sambutan pada acara sosialisasi APOA berbasis QR code.

“Tentunya pelaksanaan ini untuk menginventarisasi kendala dan permasalahan di bidang pengawasan orang asing sebagai bagian dari deteksi dini dan pencegahan dari potensi pelanggaran kegiatan dan keberadaan warga negara asing di wilayah Jakarta Utara,” ujar Sandi.

Loading...

Menurutnya, aplikasi APOA merupakan kewajiban bagi pemilik/pengurus/penyedia penginapan dalam hal pelaporan data orang asing serta tata cara penggunaannya.

Kegiatan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Bidang Intelijen dan Penindakan Keimigrasian Yongki Muhammad Zein mewakili Kepala Divisi Keimigrasian Saffar Muhammad Godam membuka
kegiatan sosialisasi.

Dalam amanatnya, Yongki menyampaikan dimana saat ini telah adanya Aplikasi Pelaporan Orang Asing (APOA) Berbasis QR Code yang dapat sangat membantu dalam proses pelaksanaan pengawasan dan pelaporan orang asing yang bermukim di wilayah Jakarta Utara.

“Dengan begitu potensi-potensi gangguan terhadap kenyamanan, keamanan dan ketertiban warga masyarakat di wilayah Jakarta Utara yang disebabkan oleh keberadaan dan kegiatan Warga Negara Asing (WNA) selalu dapat di awasi dan diminimalisir,” sahutnya.

Maka dari itu, demi memaksimalkan pelaksanaan administrasi orang asing, uji coba implementasi pelaporan orang asing melalui APOA Berbasis QR Code ini diterapkan dan perlu untuk dilakukan sosialisasi secara masif. (*)

Editor: Gita Tamarin

Loading...
Berita sebelumyaBerikan Masker dan Sembako di Bangkalan Sembari Berikan Edukasi 5M
Berita berikutnyaKapolri Instruksikan Percepat Penanganan Wilayah Bencana dan Tingkatkan Pelayanan Warga Kebutuhan Khusus

Tinggalkan Balasan