SURABAYA, (Kabarjawatimur.com) – Dalam memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-76 TNI Angkatan Laut, ratusan personel dan Taruna Akademi TNI Angkatan Laut (AAL) melaksanakan kegiatan Program Kali Bersih di muara sungai dekat Kampung Nelayan Morokrembangan, Surabaya, Selasa (7/9/2021).

Kegiatan yang diinisiasi Gubernur AAL Mayjend TNI (Mar) Nur Alamsyah, S.E., M.M., M.Tr (Han) ini, diikuti ratusan personel AAL baik militer, Taruna, PNS, Pekerja Harian Lepas AAL sekaligus melibatkan masyarakat kampung nelayan untuk turut melaksanakan pembersihan sungai di kampung mereka.

Menurut Gubernur AAL, kegiatan Program kali Bersih ini merupakan rangkaian kegiatan peringatan HUT ke-76 TNI AL tahun 2021 yang mengusung tema “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe, TNI Angkatan Laut Siap Mewujudkan Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh”.

Terkait kebersihan sungai melalui Program Kali Bersih ini lanjutnya, menjadi salah satu kegiatan AAL dalam membantu pelestarian dan peningkatan kepedulian masyarakat terhadap lingkungan untuk pelestarian fungsi sungai.

“Tujuannya untuk meningkatkan kepedulian dan peran serta masyarakat dalam menjaga kebersihan sungai untuk mencegah pencemaran air sungai dan memberlakukan sungai sebagainana mestinya,” katanya.

Baca Juga  Vaksinasi Serentak Kembali Digelar Pemkot Surabaya

Untuk itu, lanjut Gubernur AAL, pihaknya akan terus mengajak dan berkoordinasi dengan semua pihak, tidak hanya dengan unsur forum komunikasi pimpinan mulai dari desa, kecamatan, kabupaten kota dan provinsi.

Loading...

“Kami juga berharap warga sekitar sungai Kelompok Peduli Lingkungan Kecamatan, Karang Taruna, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) dan komunitas lainnya juga ikut aktif menjaga kebersihan sungai,” tegasnya.

Program KaliBersih tambahnya, selain sebagai bakti sosial perwujudan pengabdian AAL kepada masyarakat sebagai bagian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, juga ditujukan untuk mengajak masyarakat lebih peduli terhadap lingkungan utamanya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan ke sungai.

Program Kali Bersih yang dimulai setelah apel pagi pada pukul 07.00 sampai dengan pukul 09.00 wib ini, menyasar pembersihan sampah dan rumput liar yang ada di bantaran sungai di wilayah Kampung Nelayan RW III Morokrembangan dan pembersihan sampah yang mengapung di sungai.

Baca Juga  Di Polrestabes Surabaya, Adies Kadir Tinjau Tahanan di Vaksin

Tampak presonel AAL bersama warga setempat, penuh semangat menggunakan sabit, cangkul, sapu dan ganco membersihkan rumput dan sampah yg berserakan di pinggir sungai, sedangkan yang mengapung di tengah sungai diambil dengan menggunakan perahu nelayan.

Berkat kekompakan warga AAL dan warga nelayan setempat, area sejauh tiga kilometer yang merupakan muara sungai di laut dalam waktu dua jam telah nampak bersih dari sampah.

Usai pembersihan, perwakilan Taruna AAL yang turut dalam Program Kali Bersih, juga menyerahkan bantuan life jaket kepada masyarakat kampung nelayan Morokrembangan.

Hadir dalam peninjauan tersebut Wagub AAL, Laksma TNI Rudhi Aviantara, S.E., M.Si., M.Tr (Han)., Sekretaris Lembaga AAL Laksma TNI Syamsul Rizal, S.E., M.M., para Pejabat Utama AAL, Pengurus CBS Jalasenastri AAL, perangkat Kelurahan dan Kecamatan Morokrembangan.

Loading...
Berita sebelumyaPangdam Brawijaya Lantik 558 Siswa Secata Jadi Prajurit TNI-AD Berpangkat Prada
Berita berikutnyaKorban Bunuh Diri Ditemukan di Perairan Dekat Jembatan Suramadu

Tinggalkan Balasan